ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN CMAPTOOLS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN
MENINGKATKAN RETENSI SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Nama : Irvan Prakoso
NIM : 16030184088
Program Studi : S1 Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Nadi Suprapto, Ph.D.
Utama
Alan Deta, S.Pd., M.Pd., M.Si.
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing ; menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan CmapTools terhadap keterampilan
proses sains dan retensi siswa; menganalisis hubungan antara keterampilan proses sains
dengan retensi siswa ; serta menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan CmapTools .
Pengambilan data dilakukan di kelas XI SMAN 1 Puri -Mojokerto. Berdasarkan
analisis data dapat disimpulkan bahwa k eterlaksanaan pembelajaran
inkuiri terbimbing oleh observer terlaksana dengan kategori sangat baik.
Kemudian terkait hasil keterampilan proses sains siswa yang telah dilatihkan
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan CmapTools pengaruhnya dapat dilihat
dengan adanya signifikansi yang menyatakan ada pengaruh signifikan terhadap
keterampilan proses sains siswa akibat penerapan pembelajaran tersebut. Selain
itu terkait hasil retensi siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing
berbantuan CmapTools diperoleh hasil
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keduanya, juga diperkuat
dengan adanya nilai gain score yang
menyatakan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga
ada peningkatan terhadap retensi siswa akibat penerapan pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan CmapTools. Kemudian
terkait hubungan antara keterampilan proses sains dengan retensi siswa
diperoleh hubungan yang lemah antar keduanya dibuktikan dengan menggunakan uji
korelasi. Selanjutnya untuk hasil respon siswa terkait pembelajaran inkuiri
terbimbing berbantuan CmapTools
dengan mengggunakan pendekatan statistik (EFA) diperoleh 3 faktor yang dapat
menjelaskan 54.473% variasi dengan nilai alpha 0.669 berkategori reliabilitas
moderat.
Kata Kunci: Inkuiri
terbimbing, CmapTools, Keterampilan proses sains, retensi siswa ,