Media gambar timbul adalah suatu gambar atau objek yang memiliki dimensi-dimensi permukaan yang muncul (timbul) agar seorang siswa dapat dengan mudah melihat gambar dari kejahuan. Pengembangan media gambar timbul dapat membantu siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi, karena media tersebut merupakan media visual yang dapat menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Di dalam media tersebut terdapat 3 perubahan cuaca yaitu perubahan cuaca cerah, perubahan cuaca berawan, dan perubahan cuaca hujan, dari ketiga perubahan cuaca tersebut siswa mampu mendeskripsikan apa yang mereka lihat melalui tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang terdiri dari media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran menulis deskripsi, terutama untuk kelas III Sekolah Dasar.
Subjek dalam penelitian ini kadalah siswa kelas III SDN Kutorejo I Kertosono. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan. Adapun tahapan ADDIE sebagai berikut: (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Untuk menguji kevalidan media pembelajaran dapat dilihat berdasarkan pada ahli media, ahli materi, dan angket siswa, dengan menggunakan subjek uji coba media sebanyak 39 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media pembelajaran Gambar Timbul ditunjukkan dari evaluasi hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 88% dapat diartikan bahwa media ini valid. Kemudian, presentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 95,4% dapat diartikan bahwa media itu layak. Presentase yang dilihat melalui angeket siswa diperoleh 80% dari kelas kecil, dan 90% dari kelas besar. Untuk mengetahui efektifitas dapat dilihat dari post tes dan pre tes dengan menggunakan taraf signifikan 0,5% , dan menggunakan uji coba dua kelas yaitu kelas kecil memperoleh thitung 14,54 > ttabel 2,262 sedangkan kelas besar memperoleh thitung 19,82 > ttabel 2,022 dengan demikian dapat disimpulkan media gambar timbul (paper tole) efektif digunakan sebagai pembelajaran menulis deskripsi pada kelas III Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Media gambar, menulis deskripsi, pengembangan media
Embossed media images are images or objects that have dimensions that appear (arise) so that students can easily see images of ignorance. Development of emerging picture media can help students in learning to write descriptions because this media is a visual media that can attract students' interest in the learning process. There are 3 weather changes in this media. Those are changes in sunny weather, changes in cloudy weather, and changes in rainy weather. From those three change weather, students are able to describe what they see through writing. The purpose of this study is to produce a product that consists of effective learning media in learning to write description, especially for grade III of elementary school.
The subjects of this study were grade III students at SDN Kutorejo I Kertosono. The type of this research is the research on the development of the ADDIE model using 5 stages. The following ADDIE stages are as follows: (1) Analysis (Analysis), (2) Design (Design), (3) Development, (4) Implementation (Implementation), and (5) Evaluation (Evaluation). To discuss the validity of learning media can be seen based on media experts, material experts, and student questionnaires, using the subject of media trials as many as 39 students.
The results showed that the feasibility level of Picture Emerge learning media from the evaluation of results obtained from media experts by 88% can be interpreted that this media is valid. Then, the percentage obtained from material experts as much as 95.4% can be interpreted that the media is worthy. Percentages that are read through student angles are 80% of small classes, and 90% of large classes. To find out effectively, it can be seen from the post test and pre test using a significant level of 0.5%, and using the second class trial to get the class 14.54> t table 2.262 while the large class gets t-count 19.82> t-table 2.022. Thus, it can be concluded that Picture Emerge (paper tole) media is effectively to use in write descriptions in the grade III of elementary school.
Keywords: Media images, writing descriptions, media development