PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK MELALUI GERAK MANIPULATIF PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMPN 1 SUKODONO
IMPROVEMENT OF MOTOR SKILLS THROUGH MANIPULATIVE MOVEMENTS IN FUTSAL EXTRACURRICULAR AT SMPN 1 SUKODONO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya untuk meningkatkan motorik siswa dengan shooting ke arah gawang pada ektrakurikuler futsal melalui gerak manipulatif di SMPN 1 Sukodono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) desain yang di gunakan menggunakan desain (One Groub Pretest-Posttest). Populasi subjek pada penelitian ini ialah siswa SMPN 1 Sukodono. Sampel penelitian ini yaitu peserta ekstrakurikuler futsal SMPN 1 Sukodono yang berjumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes shooting menendang bola. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif mean, standart deviasi, uji normalitas, uji T-test sejenis dan uji peningkatan (persentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan motorik siswa peserta ekstrakurikuler futsal SMPN 1 Sukodono dapat di tingkatkan melalui gerak manipulatif dengan tes shooting menggunakan punggung kaki. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest 23,62 dan posttest 28,27 sehingga terdapat selisih nilai 4,65. Hasil analisis data pada penelitian ini dinyatakan ada peningkatan motorik kasar melalui permainan menendang bola dengan melakukan uji T-Test dengan hasil peningkatan 19,6%. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel (nilai kritik t) yaitu dengan data t hitung 11,872 > 2,060 t tabel. Sehingga hasil yang diperoleh yaitu nilai t hitung (11,872) lebih besar dari table dengan hasil persentase 2,060. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan motorik melalui gerak manipulatif pada siswa ekstrkurikuler SMPN 1 Sukodono.
Kata kunci: Gerak Motorik , Ekstrakurikuler Futsal, Tes Shooting
This study aims to determine efforts to improve students' motor skills by shooting towards the goal in futsal extracurricular through manipulative movements at SMPN 1 Sukodono. This study used a quantitative approach. The method used in this study is a quasi-experimental design that is used using a design (One Groub Pretest-Posttest). The population of subjects in this study were students of SMPN 1 Sukodono. The sample of this study was the futsal extracurricular participants of SMPN 1 Sukodono totaling 26 children. The data collection technique is in the form of a shooting test to kick the ball. Data analysis techniques use descriptive statistics of mean, standard deviation, normality test, similar T-test and increase test (percentage). The results of this study showed that the motor skills of students participating in extracurricular futsal SMPN 1 Sukodono can be improved through manipulative movements with shooting tests using instep. This can be proven by the average pretest score of 23.62 and posttest 28.27 so that there is a difference in value of 4.65. The results of data analysis in this study stated that there was an increase in gross motor through the game of kicking the ball by conducting the T-Test test with an increase of 19.6%. This can be proven by the result of t count greater than t table (critical value t) ie with data t count 11.872 > 2.060 t table. So that the result obtained is that the calculated t value (11.872) is greater than the table with a percentage result of 2.060. This shows that there is an increase in motor through manipulative movements in extracurricular students of SMPN 1 Sukodono.
Keywords: Motor Motion, Futsal Extracurricular, Shooting Test