Abstrak
Tujuan penelitian ini pengembangan jobsheet dengan penilaian kinerja pengukuran poligon tertutup menggunakan alat theodolit pada mata kuliah pengukuran pemetaan situasi dan praktikum, dan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah pelaksanaan praktikum dengan jobsheet.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah S1- Teknik Sipil kelas B 2018. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi, dan tes yang berupa hasil belajar. Analisis data yang dipergunakan analisis kelayakan jobsheet, dan analisis hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan jobsheet yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata validasi sebesar 4,24, dengan penjabaran 4 aspek. Bagian depan jobsheet 4,33, Isi jobsheet 4,13, Latihan soal 4,50 dan Lampiran 4,00. Hasil belajar tes kinerja 30 mahasiswa dalam satu kelas memperoleh nilai ketuntasan ≥82 sebesar 53% atau 16 mahasiswa yang tuntas, sedangkan nilai ≤82 (tidak tuntas) sebesar 47% atau 14 mahasiswa. Hasil belajar tes individu 30 mahasiswa dalam satu kelas memperoleh nilai ketuntasan ≥82 sebesar 30% atau 9 mahasiswa yang tuntas, sedangkan nilai tidak tuntas ≤82 dalam satu kelas sebesar 70% atau 21 mahasiswa yang tidak tuntas.
Kata Kunci : Jobsheet, Poligon tertutup, Pengukuran pemetaan situasi
Abstract
The purpose of this study is the development of a worksheet with performance evaluation of closed polygon measurement using the theodolite tool in the subject matter of mapping situations and practicum mapping, and to determine student learning outcomes after the implementation of practical work with a jobsheet.
The type of research used is Research and Development (R&D). The subject of this research is S1-Civil Engineering class B 2018. Data collection techniques using validation sheets, and tests in the form of learning outcomes. Analysis of the data used is the feasibility analysis of the jobsheet, and analysis of learning outcomes.
The results showed that the feasibility of the developed worksheet was declared to be very feasible with an average validation value of 4.24, with a description of 4 aspects. The front of jobsheet 4.33, Fill in jobsheet 4.13, Exercise questions 4.50 and Appendix 4.00. Learning performance test results of 30 students in one class obtained mastery score ≥82 by 53% or 16 students who completed, while the value of ≤82 (incomplete) by 47% or 14 students. Individual student learning outcomes of 30 students in one class get a mastery score of ≥82 by 30% or 9 students who completed, while the value of incomplete ≤82 in one class by 70% or 21 students who did not complete.
Keywords: Jobsheet, Polygon covered, Measurement situation mapping