Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SD.
Development of LKPD Based on the Problem Based Learning (PBL) to Train Elementary School Students' Science Literacy Abilities.
ABSTRAK
Tamam, Abdulloh. 2023. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SD. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd., dan (2) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Literasi Sains.
Kemampuan literasi merupakan hal penting bagi siswa. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam pemahaman tentang sains dan teknologi. Kemampuan literasi sains memiliki peran yang penting dalam bidang pendidikan, sehingga literasi sains dijadikan sebagai standar ukuran dalam menilai kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan literasi sains dibutuhkan LKPD yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL guna melatih kemampuan literasi sains pada siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 27 siswa kelas V B SD Negeri 147 Gresik. Analisis data pada penelitian pengembangan ini meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan LKPD berbasis model PBL dalam melatih kemampuan literasi sains untuk media/tampilan diperoleh persentase 94% (sangat valid), materi 91% (sangat valid), dan intrumen penilaian dari validator 1 adalah 89% (sangat valid) dan dari validator 2 adalah 96% (sangat valid), serta rata-rata sebesar 91% (sangat valid). Kepraktisan LKPD berbasis PBL pada keterlaksanaan pembelajaran pertemuan 1 dengan persentase 97% (sangat baik) dan pertemuan 2 adalah 100% (sangat baik), pada aktivitas siswa uji coba kelompok besar pertemuan 1 adalah 97% (sangat baik) dan pertemuan 2 adalah 100% (sangat baik), pada respon siswa uji coba kelompok besar pertemuan 1 adalah 96,95% (sangat kuat) dan pertemuan 2 adalah 100% (sangat kuat). Keefektifan dari hasil pretest kategori sangat baik 1 siswa, baik 11, kurang 7 dan sangat kurang 8 dan hasil posttest bahwa 1 siswa dengan kategori kurang dan 26 siswa dengan kategori dangat baik. Uji T SPSS dan manual terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest dan posttest kemampuan literasi sains. Uji N-gain diperoleh sebesar 0,73441 dengan kriteria kemampuan literasi siswa tinggi. Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatih literasi sains siswa SD pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda.
ABSTRACT
Tamam, Abdulloh. 2023. Development of LKPD Based on the Problem Based Learning (PBL) to Train Elementary School Students' Science Literacy Abilities. Thesis, Basic Education Masters Study Program, Faculty of Science Education, Surabaya State University. Supervisor: (1) Prof. Dr. Suryanti, M.Pd., and (2) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd.
Keywords: LKPD, Problem Based Learning (PBL), Scientific Literacy Ability
Literacy skills are important for students. This aims to prepare students in understanding science and technology. Scientific literacy skills have an important role in the field of education, so that scientific literacy is used as a standard measure in assessing the quality of education. To increase scientific literacy, qualified LKPD is needed. This research aims to develop PBL-based LKPD to train students' scientific literacy skills. The sample in this study consisted of 27 students in class V B of SD Negeri 147 Gresik. Data analysis in this development research includes validity, practicality and effectiveness. The results of the research show that the validity of the PBL model-based LKPD in training scientific literacy skills for the media/ appearance obtained a percentage of 94% (very valid), the material 91% (very valid, and the assessment instrument from validator 1 obtained 89% (very valid) and from validator 2 was 96% (very valid), and the average was 91% (very valid) . The practicality of the PBL-based LKPD in learning implementation meeting 1 with a percentage of 97% (very good) and meeting 2 100% (very good), group trial student activities large meeting 1 obtained 97% (very good) and meeting 2 obtained 100% (very good), in the large group trial students' responses to meeting 1 was 96.95% (very strong) and meeting 2 was 100% (very strong). The effectiveness of the pretest results in the very good category was 1 student, 11 good, 7 poor and 8 very poor and the posttest results were 1 student in the poor category and 26 students in the very good category. There is a significant difference in the SPSS and manual T tests in the pretest and posttest scores for scientific literacy abilities. The N-gain test was obtained at 0.73441 with the criteria for high student literacy abilities. The conclusion of this research is that the development of PBL-based LKPD is valid, practical and effective so it's worth training elementary school students' scientific literacy in science subjects regarding changes in the shape of objects.