PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI CHOCOLATE CONFECTIONERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
DEVELOPMENT OF E-MODULS ON CHOCOLATE CONFECTIONERY LEARNING SUBJECT TO INCREASE STUDENT LEARNING MOTIVATION
Penelitian ini merupakn penelitian pengembangan media berupa e-modul berbasis android untuk matakuliah chocolate confectionary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) kelayakan e-modul; 2) respon Mahasiswa terhadap e-modul hasil pengembangan; dan 3) motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini mengunakan mentode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bantuan google form dan divalidasi oleh validasi ahli. Kelayakan e-modul, respon dan motivasi siswa dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif sesuai dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan :1) kelayakan e-modul 91,75% termasuk dalam kategori sangat baik; 2) Respon penggunaan e-modul oleh mahasiswa sebesar 76% termasuk dalam kategori baik ; dan 3) Untuk angket motivasi mendapatkan frekuensi sebanyak 40 siswa dengan persentase sebesar 67% termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-modul, ADDIE , Motivasi belajar, Mata kuliah Cokelat.
This research is a media development research in the form of an android-based e-module for chocolate confectionary subject. This study aims to : 1) the feasibility of e-modules; 2) Student response to the e-module of the development results; and 3) student learning motivation. This research uses the mentode of Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The instrument used is a questionnaire with the help of google form and validated by expert validation. The feasibility of the e-module, student responses and motivations were analyzed using quantitative descriptives according to percentages. The results showed: 1) the feasibility of the e-module 91.75% is included in the excellent category; 2) The response to the use of e-modules by students by 76% is included in the good category; and 3) For the motivationa questionnaire from 40 students with a percentage of 67% are included in the good category.
Keywords : Instructional Media, E-modul, ADDIE, Learning Motivation, Chocolate Confectionery Subject.