PENGARUH MINAT DALAM MEMILIH PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKP SMK NEGERI 1 SIDOARJO
THE EFFECT OF INTEREST IN CHOOSING CONSTRUCTION AND PROPERTY ENGINEERING PROGRAM ON LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS X STUDENTS STATE VOCATIONAL SCHOOL 1 SIDOARJO
PENGARUH MINAT DALAM MEMILIH PROGRAM KEAHLIANTEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKP
SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Nama : Hanifah Gitri Muharromah
NIM : 18050534017
Program Studi : S1-Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T.
Beberapa faktor dapat mempengaruhi minat siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam memilih program keahlian. Semakin tinggi minat siswa dalam memilih program keahlian, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pengaruh minat siswa dalam memilih program keahlian dengan prestasi belajar siswa; (2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat siswa dalam memilih program keahlian. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto dengan populasi berjumlah 57 siswa kelas X Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Sidoarjo. Karena jumlah populasi penelitian 57<100 orang, teknik sampling yang digunakan termasuk dalam nonprobability sampling yakni sampel jenuh atau disebut dengan teknik sensus. Metode pengambilan data menggunakan metode angket. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dimulai dari menghitung analisis statistika deskriptif, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji liniearitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan uji f dan uji t menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat siswa dalam memilih program keahlian TKP tidak memiliki pengaruh pada prestasi belajar siswa kelas X TKP SMK Negeri 1 Sidoarjo dibuktikan dengan hasil uji t yakni nilai signifikansi sebesar 0,276>0,05 yang berarti bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Nilai R2 sebesar 0,022 atau 2,2% menunjukkan variabel bebas hanya mempunyai pengaruh sebesar 2,2% pada variabel terikat; (2) hasil analisis statistika deskriptif pada angket menunjukkan bahwa indikator adanya perhatian, rasa senang, keinginan, dan cita-cita merupakan faktor dengan kategori tinggi. Sedangkan indikator harapan keluarga dan dorongan dari luar merupakan faktor dengan kategori cukup.
Kata Kunci: minat, program keahlian, prestasi belajar, teknik konstruksi dan properti.
ABSTRACT
Name : Hanifah Gitri Muharromah
Study Program : S1-Building Engineering Education
Department : Civil Engineering
Faculty : Engineering
Institute : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Agus Wiyono, S.Pd., M.T.
Several factors can influence the interest of Vocational High School students in choosing a skill program. The higher the student's interest in choosing a skill program, the higher the student's learning achievement. The aims of this research are: (1) to determine the effect of student interest in choosing a skill program on student achievement; (2) knowing what factors influence students' interest in choosing a skill program. This research is an ex post facto research with a population of 57 students of class X Construction and Property Engineering at SMK Negeri 1 Sidoarjo. Because the research population is 57<100 people, the sampling technique used is included in the non-probability sampling, namely the saturated sample or called the census technique. The method of data collection using the questionnaire method. This type of research uses a quantitative approach. The data analysis technique starts from calculating descriptive statistical analysis, then the analysis prerequisite test is carried out using the normality test and linearity test. Then, the hypothesis was tested using the f test and t test using IBM SPSS Statistics 25 software. The results showed that: (1) student interest in choosing a crime scene expertise program did not have an influence on the learning achievement of class X students at SMK Negeri 1 Sidoarjo TKP as evidenced by the test results. t is a significance value of 0.276> 0.05 which means that H0 is accepted and Ha is rejected, the value of R2 is 0.022 or 2.2%, indicating that the independent variable only has an effect of 2.2% on the dependent variable; (2) the results of descriptive statistical analysis on the questionnaire show that the indicators of attention, pleasure, desire, and aspirations are factors with high categories. While the indicators of family expectations and encouragement from outside are factors with sufficient category.
Keywords: interest, skill program, learning achievement, construction and property engineering.