ABSTRAK
Penelitian
ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan pengantar
akuntansi, locus of control dan fasilitas laboratorium komputer
akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya
Penelitian
ini merupakan jenis metode kuantitatif. Sampel penelitian
yang digunakan adalah p roportional
random sampling
yang berjumlah 8 2
siswa kelas
XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya . Teknik
pengumpulan data menggunakan
tes, kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari uji t : (1) pengetahuan pengantar
akuntansi berpengaruh secara parsial sebesar 3,162 nilai signifikan 0,00 3 (2) locus of control internal berpengaruh secara parsial sebesar 6,501 nilai
signifikan 0, 000 (3) locus of control eksternal tidak
berpengaruh secara parsial, sebesar - 3 ,3 6 0 nilai
signifikan 0 , 720 (4) fasilitas laboratorium
komputer berpengaruh secara parsial sebesar 4,492 nilai
signifikan 0,000. Hasil dari uji F sebesar 27,845 nilai signifikan 0,000, hal ini
menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh secara simultan pengetahuan
pengantar akuntansi, locus of control internal, locus of control
eksternal dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer
akuntansi siswa kelas xi smk negeri 10 . Selain
uji t dan uji F terdapat nilai Adjusted R
Square sebesar 49 , 8 % sedangkan yang 50 , 2 % dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.
Kata
kunci : locus of control , hasil belajar