Keputusan penetapan Ujian Nasional mengakibatkan berubahnya pola belajar siswa dan metode guru dalam mengajarkan materi. Siswa hanya termotivasi untuk mengerjakan soal UN dengan cepat, tanpa sepenuhnya memahami konsep yang diujikan sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa SMA Negeri 21 Surabaya serta penyebabnya. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI MIA 1 dan 32 siswa kelas XI MIA 5. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes pada kedua kelas uji dan wawancara terhadap tiga orang siswa dengan nilai miskonsepsi tertinggi pada masing-masing kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes diagnostik True-False Item yang disertai pilihan alasan dan Certainty of Response Index (CRI) yang dilengkapi dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia sebesar 32% pada kelas XI MIA 1 dan 30% pada kelas XI MIA 5. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada pokok bahasan tentang struktur otot (54%) dan mekanisme relaksasi otot (56%). Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada kedua kelas uji termasuk pada kategori rendah. Penyebab miskonsepsi siswa dapat dibedakan menjadi 4 faktor, yaitu siswa, guru, buku ajar dan cara mengajar.
Kata kunci: Certainty of Response Index, miskonsepsi, Sistem Gerak Manusia.
The determination of National Examination affects the changes in students learning patterns and teacher’s methods in teaching and learning activities. Students are only motivated to answer the question quickly, without fully understanding the concept which being tested, so that it leads to the misconception. The purpose of this study was described the student’s misconceptions profile of SMA Negeri 21 Surabaya and it causes. The subjects of this study were 35 students of class XI MIA 1 and 32 students of class XI MIA 5. Data was collected through test technique in both trial classes and interviewed the three student with highest misconception score in each class. This research used the True-False Item diagnostic test instrument that were accompanied by reasons choice and Certainty of Response Index (CRI) that equipped with interview guidelines. The results showed that the profile of students misconception in the Human Locomotion System material was 32% in class XI MIA 1 and 30% in class XI MIA 5. The highest misconception occurred in the subject of muscle structure (54%) and muscle relaxation mechanisms (56%). Based on the data, can be concluded that the misconception occurred both the trial classes were classified in the low category. The cause of student misconception can be divided into 4 factors, namely students, teachers, textbooks and teaching method.
Keywords: Certainty of Response Index, misconception, Human Locomotion System.