Proses berpikir kreatif rnerupakan salah satu cara untuk melihat persoalan dari banyak perspektif. Tahapan berpikir kreatif menurut Wallas meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Perbedaan proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika juga dipengaruhi perbedaan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa berdasarkan tahapan Wallas dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri di Gresik tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses berpikir kreatif siswa dengan tipe ekstrovert, (a) pada tahap persiapan, siswa membaca dan memahami soal dua kali dan siswa dapat menjelaskan kembali informasi yang di dapat menggunakan bahasanya sendiri. (b) pada tahap inkubasi, siswa mengalami titik jenuh dan tidak dapat menemukan solusi dan akhirnya melakukan gerakan fisik dengan alasan memikirkan solusi tersebut. (c) pada tahap iluminasi, siswa telah menemukan solusi untuk mencari keuntungan maksimal yaitu dengan melihat perbandingan yang sudah diketahui soal. (d) pada tahap verifikasi, siswa telah menerapkan dan melaksanakan ide yang telah ditetapkan, namun siswa tidak memeriksa kembali langkah-langkah dan hasil perhitungannya. (2) proses berpikir kreatif siswa dengan tipe introvert, (a) pada tahap persiapan, siswa membaca dan memahami soal beberapa kali dan subjek dapat menjelaskan kembali informasi yang didapat menggunakan bahasanya sendiri, (b) pada tahap inkubasi, siswa mengalami titik jenuh tetapi tetap memikirkan solusi namun sambil memainkan alat tulisnya. c) pada tahap iluminasi, siswa menemukan ide kunci yang mengarahkan pada pemecahan masalah yaitu mencari keuntungan maksimal dengan melihat perbandingan yang sudah diketahui soal. (d) pada tahap verifikasi, siswa telah menerapkan dan melaksanakan ide yang ditetapkan, siswa juga memeriksa kembali langkah-langkah dan hasil perhitungannya dari awal.
Kata Kunci : proses berpikir kreatif tahapan wallas, memecahkan masalah matematika, tipe kepribadian ekstrovert dan introvert
The process of creative thinking is one way to look at problems from many perspectives. The stages of creative thinking according to Wallas of preparation, incubation, illumination, and verification. Differences in creative thinking processes in solving mathematical problems also affect differences in student’s extrovert and introvert personality types. This study is purposed to describe the student’s creative thinking processes based on the stages of Wallas with extrovert and introvert personality types. This research is a qualitative descriptive which conducted in 8th grade SMP Negeri in Gresik 2018/2019. The result showed that : 1) The creative thinking’s process of students with extrovert types, (a) In the preparation stage, student could read and understand the questions twice based on subject’s ability to explain back information using its own language. (b) In the incubation stage, student experienced a saturation point and could not find a solution. Then, student made physical movements for thinking about the solution. (c) In the illumination stage, student has found a solution to find the maximum benefit by looking at the already known comparisons of the problems. (d) In the verification stage, student has implemented its idea, but student did not re-examine the steps and the results. 2) The creative thinking’s process of students with introvert types, (a) In the preparation stage, student could read and understand the questions several times based on subject’s ability to explain back information using its own language. (b) In the incubation stage, student experienced a saturation point but still though the solution with playing the writing instrument. (c) In the illumination stage, student found the main idea that lead to problem solving, namely seeking maximum profit by looking at the already known comparisons of the problems. (d) In the verification stage, student has implemented its idea, student also re-checked the steps and the results from the first stage.
Keywords : creative thinking process of wallas, solve mathematical problems, extrovert and introvert personality type