Pesan Peduli Lingkungan pada Iklan McDonald's Jerman di Instagram (Kajian Analisis Semiotik Roland Barthes)
Environmental Care Message on McDonald's Germany Advertisement on Instagram (Roland Barthes Semiotic Analysis Study)
Abstrak
Iklan menjadi salah satu komunikasi massa yang dikenal masyarakat sebagai media untuk menarik perhatian masyarakat. Sebagai perusahaan multinasional Mcdonald’s juga memanfaatkan iklan untuk menjaga citranya dalam memasarkan produk-produk yang ditawarkan. Selain itu melalui akun instagram milik McDonald’s ditemukan bahwa beberapa iklan memiliki pesan untuk menjaga lingkungan. Di dalam iklan McDonald’s terdapat tanda-tanda baik verbal mauapun nonverbal yang dapat diteliti untuk mengetahui makna yang terkandung hingga menghasilkan pesan peduli lingkungan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pesan yang terkandung baik eksplisit maupun implisit dari pemaknaan iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didukung oleh teori semiotik Roland Barthes dan teori tentang lingkungan yang sudah ada. Berdasarkan hasil penelitian dari 6 iklan McDonald’s ditemukan bahwa iklan-iklan tersebut mengandung pesan-pesan yang beragam sesuai dengan konteksnya. Kemudian dari keenam pesan tersebut menunjukkan bahwa McDonald’s mengajak masyarakat untuk selalu: 1. menjaga kesehatan lingkungan; 2. menanamkan pembiasaan perilaku yang ramah lingkungan; 3. memelihara keberlanjutan kota.
Kata Kunci: Semiotik, Denotasi, Konotasi, Pesan, Iklan.
Abstract
Advertising is one of the mass communications known to the public as a medium to attract people's attention. As a multinational company, McDonald's also uses advertising to maintain its image in marketing the products it offers. In addition, through McDonald's Instagram account, it was found that some advertisements had messages to protect the environment. In McDonald's advertisements there are signs both verbal and nonverbal that can be examined to find out the meaning contained to produce a message of caring for the environment to the public. The purpose of this study is to describe the message contained both explicit and implicit in the meaning of advertising. The research method used is qualitative research which is supported by the semiotic theory of Roland Barthes and the existing theory of the environment. Based on the results of research from 6 McDonald's advertisements, it was found that the advertisements contained messages that varied according to the context. Then from the six messages, it shows that McDonald's invites the public to always: 1. maintain environmental health; 2. to inculcate the habituation of environmentally friendly behavior; 3. maintain the sustainability of the city.
Keywords: Semiotics, Denotation, Connotation, Message, Advertising.