Kualitas Pelayanan Kesehatan Posyandu Dangilo Di Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro
Health Service Quality at the Dangilo Posyandu in Hargomulyo Village, Kedewan District, Bojonegoro Regency
ABSTRAK
Nama : Siti Purwati
NIM : 21040674214
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Meirinawari, M.AP.
Pelayanan publik merupakan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat oleh publik dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2022 Pemerintah Desa Hargomulyo berhasil menurunkan angka stanting yang sempat tinggi di tahun sebelumnya. Dimana Desa Hargomulyo memberikan pelayanan yang tersebar dalam layanan Posyandu berjumlah hingga 6 Posyandu di desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Pelayanan terluas ada didusun Dangilo dan merupakan tempat difokuskannya penelitian yang dilakukan peneliti. Pada Posyandu dangilo sendiri pelayanan yang diberikan dalam penurunan angka stunting sangat baik dalam kualitas pelayanannya, berdasarkan hasil observasi peneliti dimana info terkait jadwal pelayanan yang transparan, sarana dan prasarana yang memadai, serta respon petugas pelayanan Posyandu sangat baik. Dengan demikian permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Kesehatan Posyandu Dangilo Di Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Posyandu Dangilo Di Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melaui observasi dan wawancara sehingga disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Posyandu Dangilo telah menunjukkan peningkatan yang baik dalam beberapa aspek tertentu. Prinsip kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, dan keamanan menjadi faktor utama yang mendukung peningkatan kualitas pelayanan. Prinsip tanggung jawab dan partisipatif juga telah dijalankan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat ruang untuk perbaikan lebih lanjut. Namun, dalam aspek kelengkapan sarana dan prasarana, serta kemudahan akses, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di posyandu. Maka diperoleh kesimpulan kualitas pelayanan Posyandu Dangilo baik dan perlu adanya peningkatan .
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, kepuasan masyarakat.
ABSTRACT
Name : Siti Purwati
Student ID : 21040674214
Study Program : Bachelor of Public Administration
Department : Public Administration
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dra. Meirinawari, M.AP.
Public service is an activity aimed at meeting the needs of the public with the goal of improving community welfare. In 2022, the Hargomulyo Village Government successfully reduced the previously high stunting rate. Hargomulyo Village provides services through 6 Posyandu centers in the Kedewan District of Bojonegoro Regency. The widest range of services is located in Dangilo hamlet, which is the focus of the researcher's study. At the Dangilo Posyandu, the quality of stunting reduction services is excellent, as observed by the researcher. This excellence is attributed to transparent service schedules, adequate facilities, and the responsive attitude of Posyandu service personnel.Therefore, the research problem addressed in this study is the Quality of Health Services at Dangilo Posyandu in Hargomulyo Village, Kedewan District, Bojonegoro Regency. The objective of this research is to analyze the Quality of Health Services at Dangilo Posyandu in Hargomulyo Village, Kedewan District, Bojonegoro Regency. This study employs descriptive research with a quantitative approach through observations and interviews. It is concluded that the quality of public services at Dangilo Posyandu has shown significant improvement in several specific aspects. The principles of simplicity, clarity, timeliness, accuracy, and security are crucial factors supporting the enhancement of service quality. The principles of responsibility and participation have also been reasonably well implemented, although there is room for further improvement. However, in terms of facility completeness, accessibility, and ease of access, further efforts are required to improve the quality of public services at the Posyandu. In conclusion, the quality of Dangilo Posyandu services is good, but there is a need for improvement.
Keywords: Public Service, Service Quality, Community Satisfaction