VIDEO MEDIA DEVELOPMENT TUTORIAL ON MAKING TEXTURE SHADING ON THE TIKTOK APPLICATION AT SMPN 1 KEMLAGI MOJOKERTO
Latar belakang penelitian ini yaitu permasalahan yang dialami oleh guru pengampu mata pelajaran seni budaya dalam proses pembelajaran materi menggambar bentuk yang merupakan materi yang selalu ada ditingkat Smp, namun kenyataannya masih banyak nilai berkarya siswa yang masih dibawah KKM khususnya dalam menerapkan arsiran, sehingga perlu adanya media pendukung untuk menunjang keberhasilan capaian pembelajaran. Maka dengan adanya penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep, proses, efektivitas video tutorial membuat arsir tekstur pada aplikasi Tiktok di SMPN 1 Kemlagi Mojokerto.
Pengembangan video tutorial membuat arsir tekstur ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dalam buku Sugiyono. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara, pembagian angket, observasi lapangan, serta dokumentasi guna mengabadikan kegiatan penelitian. Uji coba dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII D di SMPN 1 Kemlagi sebagai subyek penelitian. Data dianalaisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memberi kesimpulan. Serta menguji kelayakan media oleh dua validator, yaitu ahli materi dan ahli media, serta guru pengampu mata pelajaran seni budaya dalam memberikan respon.
Konsep pembuatan video tutorial adalah video berseri yang terdiri dari 1 video berisi materi arsir tekstur dan 8 video berisi tutorial membuat arsir tekstur dengan durasi 1-1,5 menit dengan memanfaatkan aplikasi untuk editing dan nantinya akan diupload pada media tiktok.
Proses pembuatan video terdiri dari beberapa tahap dari mempersiapkan materi dan berkas lainya seperti video demontrasi membuat arsir tekstur, gambar, teks, audio, animasi, dan berkas pendukung lainnya. kemudian masuk ke tahap editing video tutorial, yang secara singkatnya hal itu merupakan proses menciptakan karya video yang melewati proses memotong, menyambung, menambah berkas-berkas yang telah disiapkan, disusun dan dibuat menarik agar video yang dihasilkan sesuai dengan konsep yang telah dibuat.
Keefektifan media terlihat dari perolehan hasil kelayakan media dan materi dengan masing-masing mendapatkan nilai 94% dan 95% dengan kategori “sangat baik”, sehingga media layak diterapkan di sekolah. Pada tahap uji coba penggunaan video, penilaian dibagi menjadi aspek pemahaman dan berkarya, dalam persentase aspek pemahaman mendapatkan skor 85% dan 89% untuk persentase penilaian aspek berkarya. Dari keseluruhan persentase menghasilkan persentase 89% yang dapat diartikan dalam kategori sangat baik, sehingga media pembelajaran video tutorial membuat arsir tekstur pada aplikasi TikTok dikatakan layak dan efektif digunakan pada proses pemebelajaran.
Kata Kunci: Arsir Tekstur, gambar bentuk, video tutorial, aplikasi TikTok
The background of this research is the problems experienced by teachers who teach cultural arts subjects in the learning process of drawing shapes which is a material that always exists at the junior high school level, but in fact there are still many student work values that are still below KKM, especially in applying the interpretation, so there is a need for supporting media to support the success of learning outcomes. So this study aims to describe the concept, process, effectiveness of video tutorials on making texture shading on the Tiktok application at SMPN 1 Kemlagi Mojokerto.
The development of this texture shading video tutorial uses Research and Development (R&D) research methods in Sugiyono's book. Data collection in this study uses data collection methods in the form of interviews, questionnaire distribution, field observations, and documentation to perpetuate research activities. The trial was conducted on 32 grade VIII D students at SMPN 1 Kemlagi as research subjects. Data is analyzed by reducing data, presenting data, and giving conclusions. As well as testing the feasibility of the media by two validators, namely material experts and media experts, as well as teachers who teach cultural arts subjects in providing responses.
The concept of making tutorial videos is a series of videos consisting of 1 video containing texture shading material and 8 videos containing tutorials on making texture shading with a duration of 1-1.5 minutes by utilizing the application....for editing and will later be uploaded on tiktok media.
The video making process consists of several stages of preparing materials and other files such as demonstration videos to create texture shading, images, text, audio, animation, and other supporting files. Then enter the video tutorial editing stage, which in short is the process of creating video works that go through the process of cutting, connecting, adding files that have been prepared arranged and made interesting so that the resulting video is in accordance with the concept that has been made.
The effectiveness of the media can be seen from the results of the feasibility of media and material with each getting a score of 94% and 95% in the category of "very good", so that the media is feasible to be applied in schools. In the trial stage of using video, the assessment was divided into aspects of understanding and work, in the percentage of aspects of understanding getting a score of 85% and 89% for the percentage of assessment aspects of work. Of the overall percentage, it produces a percentage of 89% which can be interpreted in the very good category, so that the learning media tutorial video making texture shading on the TikTok application is said to be feasible and effective for use in the learning process.
Keywords: Texture shading, shape drawing, video tutorial, TikTok app