PENERAPAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SISWA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepakbola di SMK Negeri 2 Buduran dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen (eksperimen semu) dengan desain non equivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI OTKP 1 berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data didapatkan dari hasil tes pengetahuan dan tes keteranpilan melalui tahapan pre-test, treatment, dan post-test. Pengolahan data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, dan presentase dengan bantuan SPSS 26 for windows. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan e-modul berbasis flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepakbola. Diperoleh data rata-rata nilai hasil post-test pada kelompok kontrol pada ranah pengetahuan 73,88 dan pada ranah keterampilan 68,94, sedangkan pada kelompok eksperimen pada ranah pengetahuan 82,77 dan pada ranah keterampilan 80,11. Data yang ada pada penelitian ini telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas didapati data berdistribusi normal dan homogen. Uji paired sample t test dari data kelas kontrol dan eksperimen baik nilai pengetahuan maupun keterampilan menunjukan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepakbola siswa.
This study aims to determine whether there is an influence of flipbook media on student passing learning outcomes in soccer games at SMK Negeri 2 Buduran and to find out how much the learning outcomes have increased. This research is a type of quantitative research that uses experimental methods (quasi-experiments) with a non-equivalent control group design. The sample used was class XI OTKP 1 students totaling 36 students. Data collection was obtained from the results of knowledge tests and skills tests through the pre-test, treatment and post-test stages. Research data processing using normality test, homogeneity test, paired sample t test, and percentages with the help of SPSS 26 for windows. The results obtained in this study indicate that there is an influence of the application of flipbook-based e-modules on student passing learning outcomes in soccer games. Obtained data on the average value of the post-test results in the control group in the realm of knowledge 73.88 and in the realm of skills 68.94, while in the experimental group in the realm of knowledge 82.77 and in the realm of skills 80.11. The data in this study were tested for normality and homogeneity and found that the data were normally distributed and homogeneous. Test paired sample t test from control and experimental class data both knowledge and skill values show the value of Sig. (2-tailed) < 0.05 so it can be concluded that there is an effect of applying flipbook media to student passing learning outcomes in student soccer games.