Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa yang Bekerja Sebagai Penambang Timah
An Overview of Learning Motivation Among Students Working as Tin Miners
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh informasi terkait gambaran motivasi belajar siswa yang bekerja sebagai penambang timah. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini guna mendalami fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan melibatkan 3 subjek siswa sekolah menengah yang bekerja sebagai penambang timah. Analsisi tematik dilakukan terhadap data yang telah diperoleh melalui wawancara serta dilakukan triangulasi sumber untuk menjaga keabsahan data. Penelitian ini mengungkapkan ketiga siswa yang aktif bekerja sebagai penambang timah, memiliki motivasi belajar yang rendah mengingat terbatasnya waktu dan tenaga yang dimiliki akibat kondisi bekerja.
Kata Kunci: Siswa Penambang, Motivasi Belajar, Penambang Timah
This research aims to obtain information about the learning motivation of students who work as tin miners. A qualitative method with a case study approach was used to delve into the focus of the study. Data collection was conducted through in-depth interviews involving three high school students working as tin miners. Thematic analysis was performed on the data obtained from the interviews, and source triangulation was conducted to ensure data validity. The study revealed that the three students actively working as tin miners exhibited low learning motivation due to the limited time and energy they have as a result of their working conditions.
Keywords: Student Miners, Learning Motivation, Tin Miner