The Development Of Digital-Based Islamic Literacy Comic Media On Citizenship Subjects On Pancasila Values, In Fifth Grade SD Plus Darul Ulum Jombang
Penelitian ini mengembangkan media komik literasi Islam berbasis digital pada mata pelajaran PPKn materi nilai-nilai Pancasila kelas V SD yang memiliki tujuan: (1) Mengetahui proses pengembangan media komik literasi Islam berbasis digital, (2) Mengetahui tingkat kevalidan media komik literasi Islam berbasis digital, dan (3) Mengetahui tingkat kepraktisan komik literasi Islam berbasis digital. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Terdapat Sembilan tahap pengembangan yaitu, pengumpulan infromasi, perencanaan produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk 1, uji coba produk, revisi produk 2, uji coba pemakaian, revisi akhir. Dari hasil validasi diperoleh nilai validasi aspek media sebesar 85,7% dan validasi aspek materi sebesar 85% dengan kriteria kevalidan sangat valid. Data kepraktisan didapatkan dari uji coba produk dan uji coba pemakaian. Pada uji coba produk yang melibatkan guru kelas V diperoleh hasil sebesar 84,6% dan pada uji coba pemakaian yang melibatkan siswa kelas V diperoleh nilai sebesar 91,2% dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan media komik literasi Islam berbasis digital layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi nilai-nilai Pancasila untuk kelas V.
Kata Kunci: media, Pancasila, komik
This study develops digital-based Islamic literacy comics media on Civics subjects material values of Pancasila for fifth grade elementary school which has the following objectives: (1) Knowing the process of developing digital-based Islamic literacy comics media, (2) Knowing the level of validity of digital-based Islamic literacy comics media. , and (3) Knowing the practicality of digital-based Islamic literacy comics. This research is a type of development research using the Borg and Gall development model. There are nine stages of development, namely, information gathering, product planning, product manufacture, product validation, product revision 1, product trial, product revision 2, usage trial, final revision. From the validation results, it is obtained that the media aspect validation value is 85.7% and the material aspect validation is 85% with very valid validity criteria. Practicality data is obtained from product trials and usage trials. In product trials involving fifth grade teachers, the results were 84.6% and in use trials involving fifth grade students obtained a score of 91.2% with very practical practicality criteria. Thus, it can be concluded that digital-based Islamic literacy comics are appropriate to be used as learning media in Civics subject matter of Pancasila values for class V.
Keywords: media, Pancasila, comics