Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan islami dan promosi islami terhadap keputusan donator membayar dana zakat,infaq, dan sedekah pada lembaga amil zakat di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 responden. Untuk menjawab kuesioner yang diberikan, penelitian ini menggunakan skala likert dan menganalisisnya menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara bersamaan variabel kualitas layanan islami dan promosi islami berpengaruh positif terhadap keputusan donatur. Berdasarkan hasil uji parsial menunjukan bahwa variabel kualitas layanan islami berpengaruh terhadap keputusan donatur dan variabel promosi islami berpengaruh terhadap keputusan donatur.
Kata kunci: kualitas layanan, promosi, lembaga zakat
This study aimed to examine the effect of the Islamic services quality and Islamic promotion on the decision of donors to pay zakah, infaq, and alms funds at the amil zakah institution in the city of Surabaya. This study used associative quantitative methods. The number of samples used in this study were 115 respondents. This study used a Likert scale and analyzes it using the SPSS application.
The results of this study indicated the Islamic services quality and Islamic promotion have a positive effect on donor decisions. Furthermore, this study showed on the results of the partial test, the Islamic services quality influences donor decisions and the Islamic promotion influence donor decisions.
Keywords : service quality, promotion, zakah institution