Pada zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin canggih menunjukkan pola pikir manusia yang semakin berkembang dan selalu menginginkan serta merasakan hal yang baru. Penggunaan internet dan semua situs di dalamnya sudah bukan hal baru bagi kebanyakan orang. Banyak orang memanfaatkan situs-situs tersebut untuk berbagai hal, salah satunya situs youtube sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Penggunaan media youtube dapat dimanfaatkan pendidik untuk membantu menjelaskan materi teks narasi dan meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, karena keterampilan menulis merupakan satu dari empat keterampilan dasar.
Penelitian menggunakan media youtube (dalam bentuk video berisi materi dan contoh cerita narasi yang telah dipilih oleh pendidik) dalam pembelajaran menulis teks narasi ini dilakukan di kelas VII SMP Putri Al Azhar Pasuruan tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group design dan merupakan penelitian true experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan angket. Berdasarkan Skala Likert, diketahui bahwa hasil aktivitas peserta didik dan pendidik saat proses pembelajaran menulis teks narasi menggunakan media youtube sangat baik. Peserta didik menjadi lebih bersemangat dan memerhatikan saat proses pembelajaran. Jika diteliti berdasarkan hasil belajar menulis cerita narasi peserta didik, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar peserta didik meningkat saat menggunakan youtube sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penghitungan uji signifikansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh yaitu t0 = 3,57 dengan db = 46. Dengan d.b. 40 diperoleh ttabel pada t.s.0,05 = 2,02 dan t.s.0,01 = 2,70. Karena t0 yang diperoleh dalam penghitungan lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 0,05 maupun pada taraf signifikansi 0,01, maka t hitung masuk pada daerah penolakan dan hipotesis kerja diterima. Untuk hasil respons peserta didik menghasilkan 91%, berdasarkan Skala Likert dapat diketahui bahwa peserta didik sangat menyukai, menikmati dan bersemangat menggunakan youtube sebagai media pembelajaran menulis teks narasi.
Nowadays people all over the world are able to feel the impact of the technology that has grown rapidly over decades. This fact has go in hand with the increasement of the people’s desire to discover something new in life. Presently, the use of internet and all sites in it become a common thing. Most people used that sites for many purposes, one of the example is the use of YouTube as a learning media in education. The use of YouTube for education has an aim to help and increasing writing ability for the students, since writing ability is one of four major skills.
The study using YouTube as a media (the teacher choose videos that contain the example of narrative story in it) has been done in seventh grade of Al Azhar female junior high school Pasuruan. The method used in this study was experimental with pretest-posttest control group research design and it was considered as true experimental research. The sample of the study was seventh A as the experiment class and seventh B as control class. The data obtained by having observation, test and questionnaire.