Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan bahwasanya kurangnya percaya diri, dan rasa takut untuk melakukan kesalahan saat berbicara bahasa asing merupakan beberapa alasan penghambat berkembangnya kemampuan peserta didik dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman. Maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif demi mendorong semangat peserta didik untuk berani berbicara bahasa Jerman. Perkembangan teknologi di era ini memungkinkan berkembangnya berbagai bentuk media pembelajaran inovatif, salah satunya aplikasi TikTok yang sedang populer dan diminati oleh masyarakat. Dalam aplikasi TikTok terdapat akun Wisma Jerman yang berisi serangkaian video singkat berjudul Moin Moin Deutsch yang dapat dijadikan sebagai pendukung pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Jerman peserta didik. Namun sebelum itu, video TikTok Wisma Jerman harus dianalisis terlebih dahulu agar dapat memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang layak sesuai dengan kurikulum bahasa Jerman untuk peserta didik kelas X semester I. Berdasarkan perihal tersebut, maka rumusan masalah dari artikel ilmiah ini yaitu bagaimana analisis kesesuaian video TikTok Wisma Jerman sebagai media pembelajaran tambahan keterampilan berbicara siswa kelas X semester I. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesesuaian video TikTok Wisma Jerman sebagai media pembelajaran’ tambahan keterampilan berbicara peserta didik kelas X semester I. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi pustaka. Sumber data digunakan adalah video Moin Moin Deutsch yang terdapat dalam akun TikTok Wisma Jerman. Berdasarkan proses analisis kesesuaian materi dengan instrumen kesesuaian media pembelajaran, didapatkan hasil bahwa video TikTok Wisma Jerman sesuai dengan kriteria pemilihan media pembelajaran’ dan kurikulum 2013. Sehingga video TikTok Wisma Jerman dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tambahan peserta didik.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran, video TikTok Wisma Jerman.
Based on the the research conducted, it prove that the lack of self-confidence, and the fear of making mistakes when speaking a foreign language are some of the reasons that obstruct the development of students’ abilities in speaking German. Therefore, innovative learning media are needed to encourage the enthusiasm of students to speak German. Technological developments in this era allow the development of various innovative learning media, TikTok is one of the most popular application in public recently. In TikTok there is a Wisma Jerman account, which contains a series of short videos entitled Moin Moin Deutsch, which can be used as an additional learning media for German’s speaking skills learning. But before that, Wisma Jerman’s Tiktok videos must be analyzed first in accordance with the German curriculum, in order to meet the criteria as an suitable learning media for class X students’ in the 1st semester. Based on that background, the problem formulation of this scientific article is how to analyze the suitability of the Wisma Jerman’s TikTok video as an additional learning media for students' speaking skills in class X 1st semester. This scientific article aims to describe the results of the suitability of the Wisma Jerman’s TikTok video as an additional learning media for students speaking skills in class X 1st semester. This study used a qualitative method with literature review type. The data source used is the Moin Moin Deutsch videos contained in the Wisma Jerman’s TikTok account. Based on the process of analyzing the suitability of the content with the learning media’s instrument, it was found that the Wisma Jerman’s TikTok videos was in accordance with the criteria of learning media' selection and the 2013 Curriculum.
Keywords : Speaking Comprehesion, Learning Media, Wisma Jerman’s Tiktok Video.