“Dragonflight” Sebagai Musik Latar Video Game”
(Tinjauan Estetika)
"Dragonflight" as a Background Music of a Video Game
(an Aesthetic Review)
“Dragonflight” adalah komposisi musik yang dimainkan dalam permainan daring “Guild Wars 2”. Komposisi ini menjadi pengiring dalam puncak cerita “living World Season 4”, dimana tokoh utama berada pada puncak peperangan melawan naga kristal bernama “Kralkatorrik”. “Dragonflight” menyajikan komposisi musik yang megah, menegangkan, intens, dan epik ditengah kompleksitas suara atau audio dalam permainan. Keunikan karya ini berada pada karakter komposisi yang mendukung narasi cerita permainan (storytelling) tidak hanya dari pemilihan instrumentasi hingga teknik permainan namun juga mengangkat nilai estetis, historis, dan psikologis. Artikel ini membahas tentang elemen-elemen dalam komposisi musik “Dragonflight” yang diteliti dengan ilmu estetika sehingga dapat memberikan penjelasan dibalik pemilihan melodi, akor, ritmis, dan instrumentasi dalam komposisi tersebut. Peneliti menganalisis data tersebut dengan ilmu bentuk musik sebagai tinjauan pendukung dan ilmu estetika. Elemen musik yang diteliti dipilah berdasarkan penelitian relevan tentang video game music oleh Xavier Derrick Werlé, yaitu (1) penggunaan tonalitas minor; (2) big crescendo; (3) repetisi; (4) sequence; (5) instrumentasi perkusi, brass, choir; (6) sudden silence. Hasil dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana estetika komposisi dapat mendukung pengalaman bermain.
Kata Kunci: Video Game Music, Digital Music, Musik Permainan, Dragonflight
“Dragonflight” is a video game music that played in a online game “Guild Wars 2”. This composition serve as a background music in a climax of the “Living World Season 4” where the main character fight a crystal dragon named “kralkatorrik”. “Dragonflight” offers an a majestic, daring, intens, and epic arrangement inside the complexity of the audio inside the game. The uniqueness of this works lies inside the it’s composition character that not only support the game narration, not only by the choice of instrumentation and playing technique, but also contain aesthetic, historical, and psikological aspect. This article is going to explain musical elements inside this composition and analyze it with aesthetic theory to know about the insight behind melodic, chord, rythmic, and instrument decision. The teories used to analyze is music form theory as a secondary literation and aesthethic theory as a main literation. The musical elements is taken off from video game music research by Xavier Derrick Werlé, which consist of (1) minor tonality; (2) big crescendo; (3) repetition; (4) sequence; (5) instrumentation (percussion, brass, and choir); (6) sudden silence. The goal of this research is to explain how arrangement technique used in this composition support gaming experience.
Keywords: Video Game Music, Digital Music, Dragonflight