Berdasarkan observasi di SMKN 3 Surabaya media pembelajaran yang digunakan berupa power point dan video. Hasil belajar siswa Teknik Audio Video 60% belum mencapai KKM sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Media pembelajaran adalah alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Media interaktif adalah suatu media yang dapat membawa pesan atau informasi kepada penerima. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan menggunakan software ispring yang layak digunakan pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE dengan memiliki 5 tahapan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Hasil penelitian pada media pembelajaran interaktif menunjukan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 84,79% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran interaktif mencapai 86,02% dengan kategori sangat baik. Dan untuk keefektifan pada media pembelajaran interaktif menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer menggunakan software ispring.Kata Kunci: Media pembelajaran, Interaktif, Ispring, Respon peserta didik, Hasil belajar, ADDIE
Based on observations at SMK 3 Surabaya the learning media used were in the form of power points and videos. The learning outcomes of 60% Audio Video Engineering students have not reached the Minimum Completeness Criteria (MCC) so that learning media are needed that can increase student motivation in learning. Learning media is a teacher's aid in teaching as well as a means of messenger from learning resources to the recipients of learning message (students). Interactive media is a media that can bring the messages or information to recipients. The purpose of this research is produce interactive learning media using ispring software which is can be used in the subjects of the application of electronic circuit by referring to the feasibility indicator there are validity, practicslity, and effectiveness of the learning media developed. The research method used ADDIE development research which have 5 phase there are :1 Analyze, 2 design, 3 development, 4 implemantation and 5 evalution.The result of the researc on interactive learning media showed that the validity of learning media reached 84,79% with very valid category. Practicaly interactive learning media reached 86,02% with very good categoty. And for the efectiveness of interactive learning media shows a significant increase in student learning outcomes using computer-based interactive learning media with ispring software.Keyword : Learning Media, Interactive, Ispiring, Students Respons, Learning Result, ADDIE