Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kisah Untuk Dinda Karya Erisca Febriani dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
THE VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN THE NOVEL A STORY FOR DINDA BY ERISCA FEBRIANI AND ITS RELEVANCE TO LEARNING INDONESIAN LANGUAGE IN HIGH SCHOOL
Pendidikan merupakan hal penting bagi hidup manusia untuk mengembangkan potensi diri, baik dalam hal spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, maupun akhlak. Pendidikan disusun untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter baik, yang secara tidak langsung dapat menguatkan karakter bagi peserta didik. Novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani adalah salah satu novel yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada peserta didik untuk menumbuhkan karakter yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani, sebagai materi ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, jenis penelitian yang mengarah pada mendeskripsikan data. Kemudian, sumber data yang digunakan adalah novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani yang datanya berupa frasa, klausa, dan kalimat. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan, untuk melacak buku fiksi, yaitu novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani. Lalu, data dianalisis menggunakan model alir Miles dan Huberman melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 nilai pendidikan karakter dalam novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani meliputi jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab. Dengan demikian, novel Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani dapat dijadikan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, khusunya kelas XII Fase F (elemen membaca dan memirsa) dengan Tujuan Pembelajaran (TP) menganalisis nilai-nilai (moral, sosial, budaya, agama, politik, pendidikan) dalam novel pengarang Indonesia.
Education is important for human life to develop personal potential, both in terms of spirituality, self-control, personality, intelligence and morals. Education is structured to develop good character education values, which can indirectly strengthen the character of students. The novel Story for Dinda by Erisca Febriani is a novel that contains character education values that can be taught to students to develop good character. The aim of this research is to describe the value of character education in the novel Story for Dinda by Erisca Febriani, as teaching material for Indonesian language learning in high school. This research is qualitative research with descriptive methods, type of research that leads to describing data. Then, the data source used is the novel Story for Dinda by Erisca Febriani, the data of which is in the form of phrases, clauses and sentences. The data collection technique uses library techniques to track fiction books, namely the novel Story for Dinda by Erisca Febriani. Then, the data was analyzed using the Miles and Huberman flow model through three stages: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that there are 15 character education values in the novel Story for Dinda by Erisca Febriani, including honesty, tolerance, discipline, hard work, creativity, independence, democracy, curiosity, love of the country, respect for achievements, friendship/communicativeness, love of peace, environmental care, social care, and responsibility. Thus, the novel Story for Dinda by Erisca Febrianican be used as teaching material for Indonesian language learning in high school, especially class XII Phase F (reading and viewing elements) with Learning Objectives (TP) analyze the values (moral, social, cultural, religious, political, educational) in novels by Indonesian authors.