pengaruh media audio visual dan latihan drill terhadap hasil belajar renang gaya dada
the effect of audio visual media and the drill exercise on learning outcomes of breaststroke swimming
pada pembelajaran penjas terdapat pembelajaran aquatic diantaranya yaitu renang pada pembelajaran renang didapat beberapa macam gaya yaitu gaya crawl gaya dada gaya punggung dan gaya kupu-kupu renang gaya dada juga dapat diartikan sebagai renang gaya katak karena posisi badan yang menyerupai gerakan pada hewan katak pada saat melakukan gerakan renang gaya dada pada teknik renang gaya dada terdapat beberapa bagian yang harus di mengerti oleh peserta didik untuk membantu memahami teknik dasar renang gaya dada dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan bantuan media audio dan visual melalui media audio dan visual dapat mempermudah pemahaman kepada peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung media audio visual sangat baik dalam penyampaian informasi karena memiliki dua karakteristik yang menjadi satu yaitu suara dan gambar penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media audio dan visual terhadap hasil belajar renang gaya dada peserta didik kelas xi sma negeri delapan belas surabaya jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu quasiexperiment yang menggunakan pendekatan kuantitatif karena peneliti tidak memberikan perlakuan terhadap sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak tiga puluh tiga peserta didik besar pengaruh signifikan pemberian materi audio visual dan latihan drill terhadap hasil belajar renang gaya dada pada peserta didik kelas xi sma negeri delapan belas surabaya adalah dengan memiliki peningkatan hasil belajar kognitif sebesar dua belas koma delapan persen dan peningkatan hasil belajar psikomotor sebesar delapan belas koma tiga persen
In the physical education learning process, there is aquatic learning, one of them is swimming. In swimming, there are several kinds of styles namely Crawl style, breaststroke, backstroke, and butterfly style. Breaststroke swimming can also be interpreted as frog style swimming because the body position resembles the movement of the frogs during breaststroke swimming In the breaststroke swimming technique, several parts must be understood by students. To make it easier to understand the basic techniques of swimming breaststroke can be done in several ways, one of them with the help of Audio Visual media. Audio Visual media can facilitate the understanding of students in the learning process takes place.
Audio Visual media is very good in delivering information because it has two characteristics that become one, namely sound and image. The purpose of this study is to know the magnitude of the influence of audio visual media and drill exercise on learning outcomes of breaststroke swimming in class XI Public Senior High School 18 Surabaya. This type of study is quasi experimental which uses a quantitative approach, does not provide handling with a sample many 33 students. The data shows that there is a significant difference between audio visual material and drill exercise on learning outcomes of breaststroke swimming, with an increase in cognitive learning outcomes by 12 8 percent and with an increase in psychomotor learning outcomes by 18 3 percent