ABSTRAK
STANDAR PELAYANAN TERHADAP PERMOHONAN PENGUJIAN KUALITAS UDARA DI KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS KESELAMATAN KERJA SURABAYA
Nama : Inku Wiji Wijayanti Astutik
NIM : 16040263028
Program Studi : DIII Admintrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M,Si
UPT Keselamatan Kerja Surabaya merupakan salah satu unsure pemerintah yang bergerak dalam jasa pelayanan di bidang pengujian, pemeriksaan, penelitan dan pelatihan terhadap hygiene perusahaan, kesehatan dan keselamatan kerja. Adapun pengujian yang paling penting untuk wajib dilakukan setiap perusahaan sesuai dengan UU No 23 Tahun 1997 pasal 81, yakni pengujian kualitas udara. Karena itu penelitian ini akan membahas terkait Standar pelayanan terhadap Permohonan pengujian kualitas udara di kantor UPT Keselamatan Kerja Surabaya.
Pada penyusunan Tugas Akhir ini penulis menggunakan Metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. fokus penelitianyakni standarpelayananterhadappermohonanpengujiankualitasudara yang di lakukan di kantor UPT Keselamatankerja Surabaya denganberdasarkan KEPMENPAN No. 63 Tahun 2003 tentangpedomanpelaksanaanumumpenyelenggaraanpelayananpublik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Secara keseluruhan pelayanan di Kantor UPT K2 Surabaya telah menerapkan Standar Pelayanan Publik yang baik meskipun ada dua indikator yang belumsesuaidenganteori yang penelitigunakan.Pertama, prosedur pelayanan yang digunakan masih berbelit-belit dengan sistem yang digunakan masih konvensional, selain itu juga biaya/tarif pelayanan pengujian masih terbilang mahal yang dikarenakan biaya pengujian tersebut telah di tetapkan kedalam Pergub Jatim No. 29 tahun 2016 dan Perda No.1 tahun 2012 yang mana sifatnya mengikat dan tidak bisa ditawar-menawar.
Berdasarkan hal tersebut peneliti memberikan saran yakni, dikarenakan alur proses pelayanan yang panjang dan kurang efektif, untuk meminimalisir waktu dan biaya alangkah baiknya lebih disederhanakan lagi dengan meringkas atau digabung dari beberapa alur menjadi satu dengan alasan alur satu dengan alur lainnya bisa dikerjakan secara bersamaan, seperti proses permintaan pengguna layanan sekaligus didakannya proses penawaran dan beberapa alur lainnya yang saling berkesinambungan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, PengujianKualitasUdara
ABSTRACT
STANDARDS OF SERVICES ON APPLICATION OF AIR QUALITY TESTING IN THE OFFICE OF WORK SAFETY TECHNICAL UNITS OF SURABAYA
Name : Inku Wiji Wijayanti Astutik
Departement : Diploma of Public Administration
Major : Administrasi Publik
Faculty : Social Science and Law
Institution Name : State University of Surabaya
Mentor : Dr. Agus Prastyawan, S.Sos., M,Si
The UPT of Occupational Safety in Surabaya is one of the elements of the government that is engaged in services in the fields of testing, inspection, research and training in company hygiene, health and safety. The most important test to be carried out by every company in accordance with Law No. 23 of 1997 article 81 is testing air quality. That is why this final assignment will discuss the service standards for air quality testing at the UPT of Work Safety office of surabaya.
In this Final assignmenthe writer uses descriptive method using a qualitative approach. the focus of the research is the service standard on the request for air quality testing carried out at the UPT office in Surabaya work safety according to KEPMENPAN No. 63 of 2003 concerning guidelines for the general implementation of the implementation of public services. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. The method used in analyzing data is by using data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.
The results of this study indicate that overall service at the UPT K2 Surabaya Office has implemented a good Public Service Standard even though there are two indicators that are not in accordance with the theory that the researcher uses. First, the service procedure used is still convoluted with the system used is still conventional, besides that, the cost / tariff of the testing service is still relatively expensive because the cost of the test has been set in the East Java Governor's Office No. 29 of 2016 and Regional Regulation No.1 of 2012 which are binding and non-negotiable.
Based on this, the researcher gives suggestions, namely, because the service process flow is long and ineffective, to minimize time and cost. It is better to simplify it by summarizing or merging from several grooves into one with reasons that one can be worked simultaneously, such as the process of requesting service users as well as the establishment of the bidding process and several other mutually sustainable flows.
Keywords: Public Services, Air Quality Testing