Untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan, kegiatan pembelajaran di jurusan TKR SMKN 3 Surabaya harus memenuhi persyaratan kompetensi yang dituntut industri. Oleh karena itu, perlu adanya penyesuaian metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diadopsi adalah model pembelajaran berbasis masalah (PBL).
Metode yang digunalkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Posttest Only Control Design Sasaran atau objek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI jurusan TKR SMKN 3 Surabaya dengan kelas eksperimen yaitu kelas XI TKR 3 dan kelas kontrol XI TKR 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem rem berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas XI TKR SMKN 3 Surabaya dengan ditunjukkan pada hasil uji independen sample t test dengan nilai t hitung 16.546 sedangkan t tabel nya adalah 2.001, jadi dapat dikatakan t hitung > t tabel. Dan juga hasil angket minat mendapat nilai sebesar 82% dengan klasifikasi sangat berminat pada kelas eksperimen.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Minat Belajar, Berpikir Kritis
To achieve an improvement in the quality of education, the learning activities in the Automotive Engineering Department of SMKN 3 Surabaya must meet the competency requirements by the industry. Therefore, there is a need for adjustment of the learning methods in the learning activities. One of the learning models that can be adopted is the problem-based learning (PBL) model.
The method utilized in this research is quantitative. The research design employed is the Quasi-Experimental Posttest Only Control Design. The target or subject of this research is all students of class XI in the light vehicle engineering of SMKN 3 Surabaya, with the experimental class is XI TKR 3 and the control class is XI TKR 2.
The research results indicate that the implementation of problem-based learning models on the topic of braking systems significantly influences the critical thinking abilities and learning interest of class XI students in the light vehicle engineering of SMKN 3 Surabaya, as shown in the independent sample t-test results with a calculated t-value of 16.546, whereas the tabulated t-value is 2.001. Hence, it can be said that the calculated t-value > the tabulated t-value. Additionally, the survey results for interest obtained a score of 82%, classified as highly interested in the experimental class.
Keywords: Problem based learning, Learning Interest, Critical Thinking