Kata kunci: Pembelajaran
Ekstrakurikuler Seni Tari, metode TANDUR
SMPN
1 Sidoarjo memiliki berbagai macam kegiatan pengembangan diri disebut kegiatan
Ekstrakurikuler yang aktif dalam berbagai perlombaan dan meraih prestasi dalam
bidang seni tari setiap tahunnya di tingkat kabupaten dan provinsi.
Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1 Sidoarjo menerapkan metode
TANDUR, yang bertujuan meningkatkan kreativitas peserta didik. Tujuan dalam
penelitian yaitu tentang: 1) Menjelaskan latar belakang kegiatan
Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1 Sidoarjo, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan
metode TANDUR dalam pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari SMPN 1 Sidoarjo, dan
3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari dengan metode
TANDUR di SMPN 1 Sidoarjo.
Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian yaitu
kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi
proses pembelajaran, wawancara dan dokumentasi yang telah dimiliki Sekolah
serta mendokumentasikan pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung. Adapun
analisis datanya dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan. Validitas data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi
teknik, sumber, dan waktu.
Hasil
penelitian yaitu latar belakang kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1
Sidoarjo yaitu adanya antusias serta
minat peserta didik di bidang Seni Tari. Pelaksanaan metode TANDUR dalam
pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari memiliki langkah-langkah pembelajaran
yaitu Tumbuhkan (memberikan motivasi), Alami (menciptakan ragam gerak
berdasarkan pengalaman), Namai (memberikan identitas), Demonstrasi
(mempresentasikan), Ulangi (pengulangan untuk mempertegas) dan Rayakan
(pemberian pujian dari hasil kinerja). Proses pembelajaran dalam pelaksanaan
Ekstrakurikuler Seni Tari meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Ketiga, hasil pembelajaran dengan penerapan metode TANDUR mencakup ranah
psikomotorik (keterampilan) serta prestasi yang diraih.
Simpulan dari
penelitian ini bahwa pada pelaksanaan kegiatan
Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1 Sidoarjo dengan menerapkan metode TANDUR
dapat mengembangkan kreativitas peserta didik serta meraih prestasi yang
membanggakan, selain itu juga menumbuhkan kedisiplinan, kebersamaan, kerjasama
dan toleransi terhadap sesama.