Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri anak jalanan yang bersekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 2 orang dan penelitian ini memiliki 6 Significant Other yang terdiri dari orang tua, teman dekat dan teman sekolah. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak jalanan yang bersekolah memiliki konsep diri yang negatif, karena partisipan dalam penelitian ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana lingkungan sosial tempat partispan bermain sebagian besar berusia jauh diatasnya dan rata-rata tidak memiliki pekerjaan, serta riwayat pendidikan teman-teman partisipan juga kurang baik. Hal ini menyebabkan kesadaran partisipan akan pentingnya pendidikan kurang. Penilaian orang lain juga menjadi salah satu penyebab konsep diri pada diri partisipan menadi negatif, karena penilaian yang buruk dari orang lain membuat partisipan menjadi rendah diri.
Berdasarkan hal tersebut salah satu cara untuk mengatasi konsep diri partisipan agar menjadi lebih baik yaitu dimulai dari orang-orang sekitar yang harus lebih menghargai semua usaha yang dilakukan partisipan untuk mengubah konsep dirinya dengan mengurahi penilaian buruk atas dirinya. Partisipan akan lebih merasa dihargai, sehingga partisipan tidak lagi merasa rendah diri. Lingkungan sosial juga harus di perbaiki dengan cara teman-teman tempat dimana partisipan berada lebih memberikan dukungan agar partisipan merasa pendidikan itu penting sehingga konsep diri partisipan akan menjadi lebih baik lagi.
Kata kunci : Konsep diri, Anak jalanan, Bersekolah
This research aims to knowing the self-concept of the street children who go to school. This research is using qualitative research method. This research has two participants and six Significant Others consisting of parents, close friends and classmates. The data collection in this research is based on direct interviews and observation. The test of the validity of the data which is being used in this research is the test of the credibility with data source triangulation. Analysis technique which is being used in this research is thematical analysis. The final result of this research shows that street children who go to school have negative self-concepts about themselves because of the affection from their social surroundings. Most of their friends are older people who don't have any job and with poor education backgrounds. This case caused the lack of awareness of the participants about the importance of studying. People's judgement is also one of the causes of the negative self-concept. Bad judgement from other people belittles the participants.
Based on those problems, one of the solutions to prevent the negative self-concept of the participants is coming from the healthy and positive social surrounding. When there are more appreciation and respect, the participants will feel better about themselves and the tendency to keep thinking about negative self-concept will decrease. The participants will not think negatively about themselves. Furthermore, the social surrounding should be fixed by giving more supports from the friends and all people around them thus the participants will also think that education is one important thing.
Keywords: self-concept, street children, schooling