The Representation of Literacy As Power and Gender Roles In Walter Tevis The Queens Gambit
Praktik literasi seringkali direpresentasikan dalam berbagai media melalui karya sastra seperti novel, film, dan lain-lain. Karya sastramerupakan hasil dari praktik literasi, dan nilai-nilai praktik literasi terkadang dimasukkan ke dalam karya sastra melalui tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Namun, seringkali pembaca mengabaikan nilai literasi dalam karya sastra. Literasi lebih dari sekedar kemampuan kognitif untuk membaca dan menulis; itu juga mengacu pada apa yang orang lakukan dengan literasi. Literasi dapatdirepresentasikan dalam beberapa bentuk dan digunakan untuk tujuan yang berbeda, salah satunya adalah daya. Literasi dalam novelThe Queen's Gambit merepresentasikan kekuasaan di mata Beth Harmon. Kekuatan literasi yang diperoleh Beth direpresentasikan dengan peningkatan kelas sosial dan peningkatan popularitas, yang kemudian berdampak pada peran gendernya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menampilkan representasi literasi sebagai kekuatan dan dampaknya terhadap peran gender dari Beth Harmon dalam novel The Queen's Gambit. Metode yang digunakan adalah analisis tekstual yang sumber utamanya adalah novel TheQueen's Gambit karya Walter Tevis, menggunakan kerangka New Literacy Studies (NLS) sebagai perspektif sosial praktik literasi dengan menggunakan teori Williams dan Zenger (2007) dari buku mereka "Popular Culture and Representation Literacy". Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi dapat menjadi kekuatan dan berdampak pada peran gender Beth Harmon.
Kata Kunci: Representasi, literasi, daya, peran gender
Literacy practices are often represented in various media through literary works such as novels, films, and others. Literary works are the result of literacy practices, and the values of literacy practices are sometimes incorporated into literary works through the characters in them. However, readers often ignore the value of literacy in literary works. Literacy is more than just the cognitiveability to read and write; it also refers to what people do with literacy. Literacy can be represented in several forms and used for different purposes, one of which is power. The literacies in The Queen's Gambit novel represent power in the eyes of Beth Harmon. The power of literacy gained by Beth is represented by improving social class and increasing popularity, which later impacted hergender roles. The purpose of this study is to display literacy representation as power and its impact on gender roles in Beth Harmon, the main character in The Queen's Gambit novel. The method used is textual analysis, the main source of which is the novel The Queen's Gambit by Walter Tevis, using the framework of New Literacy Studies (NLS) as a social practice of literacy perspective using thetheory of Williams and Zenger (2007) from their book "Popular Culture and Representation Literacy". The results of the study show that literacy can be powerful and impact Beth Harmon's gender roles.
Keywords: representation, literacy, power, peran gender