PENGEMBANGAN MEDIA KARSAWA (KARTU AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF KARSAWA MEDIA (KARTU AKSARA JAWA) FOR LEARNING TO WRITE JAVANESE SCRIPT IN GRADE III ELEMENTARY SCHOOL.
Abstrak
Penelitian ini berlatar belakang dari pembelajaran menulis aksara Jawa masih belum menggunakan
variasi media pembelajaran dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi menulis aksara
Jawa). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan prosedur pengembangan media dan mengetahui
kevalidan, kepraktisan media Karsawa (Kartu Aksara Jawa) untuk pembelajaran menulis aksara Jawa di
kelas III sekolah dasar. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (analisis, desain,
pengembangan, penerapan, evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
validasi ( validasi materi dan validasi media) dan lembar angket kepraktisan (angket guru dan angket
siswa). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dari hasil validasi dan
angket kepraktisan yang dihitung menggunakan skala likert. Hasil kevalidan media Karsawa mendapat
persentase 90,38 % (sangat valid) dan validasi materi mendapat persentase 96,7 % (sangat valid).
Kepraktisan media diperoleh dari angket guru mendapat persentase 91,67 % dan angket respon siswa
sebesar 87,72 % (sangat praktis).
Kata kunci: pengembangan media karsawa, pembelajaran menulis aksara Jawa.
Abstract
This study is based on writing Javanese script lessons a learning media has not been applied and
student had difficulty to understand writing Javanese script material. The study aims to explain the
procedures of the development process of media and to find out the validity, practicality of the Karsawa
(Java script card) media for learning to write Javanese script grade 3 elemntary school. This media
development uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Data collection instruments used were validation sheets ( material validation and media validation) and practical questionnaires (teacher questionnares and student's questionnaires). This study uses quantitative and qualitative data analysis techniques from the results of validation and practicality questionnaires that are calculated using a likert scale.The validity results of the media get a percentage
of 90,38% (very valid) and the materials get percentage 96, 7% (very valid). The practicality of the
media was obtained from the teacher questionnaire gets percentage of 91, 67% ( very practical ) and
the students response gets a percentage of 87,72%(very practical).
Keyword: development of media karsawa, lessons writing the Javanese script.