Saat ini bahasa Inggris adalah subjek dan menjadi bahasa yang sangat penting di dunia.Ada empat keterampilan utama dalam bahasa Inggris; Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis.Keterampilan menulis adalah salah satu dari empat keterampilan yang harus dipelajari oleh siswa. Dalam komunikasi tertulis, ada dua cara berbagi informasi satu sama lain, yaitu teks fungsional panjang dan teks fungsional pendek. Teks fungsional yang panjang seperti teks naratif.Teks naratif adalah teks yang terdiri dari peristiwa, pengalaman, dan imajinasi.Para siswa biasanya mengalami kesulitan dalam memilih tema dan kesulitan dalam mengembangkannya untuk menulis teks naratif.Ada banyak bahan ajar yang menarik untuk menyelesaikan masalah ini agar membantu peserta didik memahami, antusias, tidak bosan, dan juga dapat membangun pendidikan karakter bagi siswa. Dongeng Aesop’s adalah salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Dongeng Aesop adalah materi yang menarik yang dapat membawa situasi santai dan menyenangkan di kelas.Studi interpretatif dasar dipilih sebagai desain penelitian.Penelitian ini berfokus pada nilai moral dari hewan yang terhubung dengan kehidupan manusia dan hasil tulisan siswa melalui “Fabel Aesop” dalam menulis teks naratif.Peneliti telah memilih tiga siswa yang diminta untuk menulis ulang teks naratif setelah menonton video dongeng Aesop.Kemudian, setelah menonton video dongeng Aesop, mereka ditanyai beberapa pertanyaan dan membuat nilai moral dalam wawancara untuk mendapatkan informasi secara mendalam.Peneliti menemukan bahwa semua peserta dapat menyebutkan jenis nilai moral dari Fabel Aesop dan pendapat siswa mengenai penerapan nilai moral dari "Fabel Aesop" dalam kehidupan mereka.Para siswa menunjukkan bahwa mereka merasa antusias, senang, dan tidak bosan belajar teks naratif melalui dongeng Aesop.
Kesimpulannya, para peserta selalu mengalami kesulitan dalam memilih tema dan kesulitan dalam mengembangkannya untuk menulis teks naratif. Jadi, guru harus menemukan media atau bahan ajar yang menarik untuk menyelesaikan masalah ini agar dapat membantu peserta didik memahami bagaimana cara menulis teks naratif yang baik, lebih mudah, dan juga dapat membangun pendidikan karakter untuk siswa. Peneliti percaya bahwa dongeng Aesop adalah media yang menarik yang dapat membantu siswa dalam menulis teks naratif yang baik dengan mudah dan menikmati dalam proses pembelajaran dan memiliki banyak nilai moral yang dapat membangun pendidikan karakter bagi siswa.
Nowadays English is a subject and becomes a very important language in the world. There are four main skills in English; Listening, Speaking, Reading, and Writing. Writing skill is one of the four skills that must be learned by students. In written communication, there are two ways of sharing information with each other. The first is using short functional text and the second is long functional text. Long functional text for example narrative text. Narrative text is a text that consists of events, experiences, and imaginations time. The students usually have difficulty to choose the theme and have difficulty in developing it to write into narrative text. There are many interesting teaching materials to solve this problem in order to help the learners understand, enthusiastic, not bored, and also can build character education for the students. Aesop’s fable is one of the teaching materials that can be used in English teaching and learning process. Aesop’s fable is an interesting teaching material which can entertain the students and can bring relax, enjoy, and the fun situation in class. Basic interpretive study is chosen as the research design. This research focuses on the moral value from the animals connected to human’s life and the students' writing result through “Aesop’s Fable” in writing narrative text. The researcher has chosen the three students were asked to rewrite narrative text after watching the Aesop’s fable video. Then, after watching Aesop’s fable video, they were asked several questions and make the moral value in the interviews to get information in depth. The researcher found that all of the participants could mention kinds of moral value from Aesop’s Fable and students’ opinion concerning the application of moral value from “Aesop’s Fable” in their life. The students show that they felt enthusiastic, fun, and not bored in learning narrative text through Aesop’s fable.
In conclusion, the students always have difficulty to choose the theme and have difficulty in developing it to write into narrative text. So, the teacher has to find interesting media or teaching material to solve this problem in order to help the learners understand, enthusiastic, not bored, and also can build the character education for the students. The researcher believes that Aesop’s fable is teaching material that can help the students to write a good narrative text easily and enjoy in learning process and has many moral value which can build the character for the students.