Seiring dengan berkembangnya teknologi, inovasi dalam dunia transportasi pun mulai muncul, yaitu adanya jasa transportasi berbasis online, sehingga dapat meningkatkan keputusan dalam pembelian online. Keputusan pembelian online dipengaruhi oleh beberapa faktor karakteristik produk/jasa yaitu diferensiasi, kualitas, variasi, harga, merek. Serta beberapa faktor sistem e-commerce yaitu keamanan, akurasi, ease of use, konsistensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh harga dan ease of use terhadap keputusan menggunakan GoJek di Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian konklusif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah menginstal aplikasi GoJek dan pernah menggunakan atau melakukan transaksi dalam 1 bulan terakhir di Surabaya, dapat menggunakan aplikasi tanpa bantuan orang lain, dan berusia 18 tahun ke atas, serta populasi bersifat infinite. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode judgmental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 220 responden yang diperoleh dari penyebaran angket secara online dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan, dan variabel ease of use berpengaruh lebih besar terhadap keputusan menggunakan GoJek di Surabaya dibandingkan dengan variabel harga.
Along with the development of technology, innovation in transportation began to emerge, namely the existence of online transportation services, so that it can improve decisions in online purchases. Online purchase decision are influenced by several factors product/service characteristics name, namely differentiation, quality, variety, price, brand. As well as several EC System factors, namely security, accuracy, ease of use, consistency. This study aims to analyze and discuss the effect of price and ease of use on the decision to use GoJek in Surabaya.
This research is conclusive research. The population in this study were people who had installed the GoJek application and had used or conducted transactions in the last 1 month in Surabaya, can use the application without the help of others, and aged 18 years and over, and the population is infinite. The sampling technique uses nonprobability sampling with judgmental sampling method. The number of samples in this study were 220 respondents obtained from online questionnaires with a measurement scale using a Likert scale. Then the data that has been obtained is analyzed using multiple linear regression analysis.
The results of this study indicate that prices and ease of use have a positive and significant effect on the decision to use, and the ease of use variable has a greater influence on the decision to use GoJek in Surabaya compared to the price variable.