Perancangan Video Profil sebagai Media Promosi pada Pengelolaan Informasi Majapahit (PIM)
Designing Profile Videos as Promotional Media in Majapahit Information Management (PIM)
Unit Pengelolaan Informasi Majapahit (PIM) atau yang biasa dikenal dengan Museum Majapahit memiliki banyak peninggalan bersejarah dengan nilai yang sangat tinggi. Namun tingginya nilai sejarah tidak dibarengi dengan sebuah media untuk promosi dan berbagi informasi, sehingga kurangnya informasi yang dapat diakses oleh calon pengunjung. Video merupakan salah satu alat yang efisien untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Metode analisis yang dipakai adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, treath). Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking oleh Hasso-Plattner Institute of Design at Standford yang terdiri dari lima tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, test. Hasil perancangan pada penelitian ini berupa video profil yang menampilkan gambarang dan informasi terkini dari PIM, serta ajakan kepada audiens untuk melestarikan dan belajar tentang sejarah melalui peninggalan-peninggalan yang ada di PIM. Sebagai kebutuhan promosi, video tersebut ditampilkan di PIM dan sosial media berupa youtube agar dapat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan agar calon pengunjung tidak minim informasi dan tertarik untuk berkunjung dan belajar sejarah di PIM
Majapahit Information Management Unit (PIM) or usually called the Majapahit Museum has many historical relics of very high value. However, high historical value is not accompanied by promotional media and information sharing, resulting in a lack of information that can be accessed by potential visitors. Video is an afficient tool for conveying information to the audience. This research method uses qualitative methods, with data collection trough observation, interview, literature studies, and documentation. The analysis method used is SWOT analysis (Strenght, Weakness, Opportunity, Treath). The design method used is Design Thinking Hasso-Plattner Institute of Design at Standford, which the stages of Emphatize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The result of the design in research are in the form of a video profile that displays the latest image and information of PIM, and invitaation to the audience to preserve and learn about history through the heritage at PIM. As a promotional need, the video is displayed on PIM and social media in the form of YouTube so that it can be accessed by anyone, anywhere, and anytime. This research aims to ensure that potential visitors do not lack information and are interested in visiting and learning history at PIM