Keterampilan
metakognitif penting dilatihkan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan
meningkatan keterampilan abad ke-21. Salah satu upaya untuk meningkatkan
keterampilan metakognitif pada peserta didik dengan menggunakan media
pembelajaran yang relevan, yaitu e-LKPD berorientasi inkuiri terbimbing. Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD menggunakan liveworksheet berorientasi
inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik
pada materi kesetimbangan kimia yang layak digunakan, ditinjau dari aspek
validitas, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Research dan Development (R&D) dengan model 4D
Thiagarajan yang terdiri dari define , design , develop , dan
disseminate . Namun penelitian ini
hanya sampai tahap develop (pengembangan) dengan uji coba terbatas
kepada 20 peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 21 Surabaya yang sudah
mendapatkan materi kesetimbangan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
validitas e-LKPD dinyatakan valid ditinjau dari validitas isi dan validitas
konstruk menggunakan skor modus, didapatkan modus pada aspek validitas isi dan
validitas konstruk sebesar 5 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-LKPD dinyatakan
praktis ditinjau dari hasil angket respon peserta didik pada tiap aspek telah
mencapai ≥61% dengan akumulasi persentase sebesar 90,91% dengan kategori sangat
praktis, dan didukung daari hasil observasi aktivitas peserta didik diperoleh
aktivitas relevan ≥61% daripada aktivitas peserta didik tidak relevan dengan
akumulasi persentase aktivitas peserta didik relevan pada pertemuan 1, 2, dan 3
sebesar 92,22%, 92,78%, dan 93,33% sehingga dikatakan terlaksana dengan baik.
Persentase aktivitas relevan yang mendukung planning skills pada
pertemuan pertama sebesar 32,78%, pertemuan kedua sebesar 33,33%, dan pertemuan
ketiga sebesar 34,44%. Selain itu, persentase aktivitas relevan yang mendukung monitoring
skills pada pertemuan pertama sebesar 18,89%, pertemuan kedua sebesar
17,78%, dan pertemuan ketiga sebesar 18,33%. Persentase aktivitas relevan yang
mendukung evaluating skills pada pertemuan pertama sebesar 11,11%,
pertemuan kedua dan pertemuan ketiga sebesar 12,78%. Keefektifan e-LKPD
dinyatakan efektif ditinjau dari hasil uji N-gain pada nilai pretest
dan posttest maupun setiap komponen keterampilan metakognitif dengan
rentang N-gain score sebesar 0,37 sampai dengan 1,00 dengan
kategori sedang sampai dengan tinggi dan berdasarkan analisis hasil uji-t
berpasangan didapatkan nilai p-value adalah 0,000 sehingga nilai p-value < 0,05 maka dapat simpulkan
bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hasil ini menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan keterampilan metakognitif secara signifikan . Keefektifan e-LKPD
didukung dari hasil angket iventori metakognitif menggunakan skor modus,
diperoleh modus pada komponen planning skills dan monitoring skills
sebesar 4 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada evaluating skills diperoleh
modus sebesar 3 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan e-LKPD menggunakan liveworksheet berorientasi inkuiri
terbimbing untuk meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik pada
materi kesetimbangan kimia layak digunakan.
Kata Kunci: e-LKPD, inkuiri terbimbing, keterampilan metakognitif,
kesetimbangan kimia