Sekolah memiliki tanggung jawab untuk membantu peserta didik guna berhasil dalam kegiatan belajar, sekolah hendaknya memberikan bantuan untuk mengatasi permasalahan yang mengganggu pengoptimalan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, keberadaan BK di sekolah menunjang perkembangan optimal serta pemecahan permasalahan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi layanan bimbingan dan konseling dalam penyelenggaraan program home visit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive yaitu kepala sekolah, guru BK, wali kelas, orang tua siswa, dan siswa. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pendekatan khusus melalui home visit yang dilakukan oleh MINU Trate Putri Gresik dalam mengoptimalkan hasil belajar dan mengatasi permasalahan peserta didik. Hasilnya menunjukan bahwa: 1) home visit dipersiapkan oleh guru BK dibantu oleh tenaga pendidik dalam pelaksanaanya, 2) pelaksanaan home visit untuk mencari dan menyampaikan informasi mengenai peserta didik, serta membangun komitmen keluarga dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik, 3) evaluasi terdiri dari dua macam yaitu evaluasi hasil dan evaluasi proses. 4) bentuk tindak lanjut dari home visit dengan bimbingan belajar dan pendampingan individual bagi peserta didik.
Kata Kunci: Layanan BK, home visit, peserta didik, hasil belajar
Educator in the school has responsibility to encourage students for success learning. The element of school should give solution for probability that disturb optimizing student for studies. That’s why, School has BK teacher for optimizing developing program and solve problem students. This research is to describing and identifying service guidance and counseling on home visit program. This research use qualitative method. Subject of research selected by purposive sampling, is head master, BK teacher, homeroom teacher, student’s parents and student. The data was take by observe, interview and documentation.
Result of this research is special approach from home visit program and optimizing learning by solve the problem in MINU Trate Putri Gresik. The result is 1) Home Visit is prepared by BK teacher and implemented by all educator, 2) The purpose of home visit program is search problem and giving information about students and make commitment relation between school and family to optimizing learning program, 3) There is 2 evaluation, result evaluation and process evaluation, 4) The continuity from home visit program is student guidance and student accompaniment.
Key word: BK service, Home Visit, Student, Learning Result.