Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan materi faktor faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan tipe pra eksperimen desain yang menggunakan rancangan penelitian one shot case study yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 1 di MAN 2 Mojokerto dengan jumlah peserta didik sebesar 35 orang. Metode pengambilan data ini dilakukan dengan pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan 1 kualitas keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 92,39%, 2 presentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi daripada aktivitas yang tidak relevan, 3 hasil belajar ranah pengetahuan pada postes memperoleh rata rata skor sebesar 78,28 dan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 92,48%, dan hasil belajar ranah keterampilan memperoleh rata rata skor keterampilan sebesar 82,24 dan mencapai ketuntasan klasikal dalam proses keterampilan berpikir tingkat tingi sebesar 93,33%.
Kata Kunci: Pembelajaran model inkuiri terbimbing, Katerampilan berpikir tingkat tinggi, Kesetimbangan kimia
This study aims to describe the implementation of learning, student activity, the learning outcomes of the realm of knowledge and higher order thinking skills in guided inquiry learning model with material factors that affect chemical equilibrium. Quantitative descriptive research with a pre experimental design type that uses a one-shot case study design which was conducted in MIPA 1 class XI in MAN 2 Mojokerto with a total of 35 students. This data collection method is done by observation and tests. The results showed 1 the quality of learning achievement gained a value of 92.39%, 2 the percentage of students activities that were relevant was higher than the activities that were not relevant, 3 the learning outcomes of the knowledge domain at the posttest obtained an average score of 78,28 and obtained classical completeness of 92.48%, and the learning outcomes of the realm of skills gained an average score of skills of 82.24 and achieved classical completeness in the process of thinking skills of a high level of 93.33%.
Keywords: Guided inquiry learning model, High order thinking skills, Chemical equilibrium