PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ANTI NARKOBA PADA ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN
DEVELOPMENT OF A DRUG EDUCATION LEARNING ACTIVITIES GUIDE BOOK FOR CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku panduan kegiatan pembelajaran anti narkoba pada anak usia 5-6 tahun untuk guru PAUD yang layak untuk membantu guru dalam merencanakan, sebagai panduan dan referensi dalam mengajarkan pendidikan anti narkoba pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). Subjek dari penelitian ini adalah 30 guru PAUD di Surabaya. Penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur dan angket sebagai metode pengumpulan data. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan layak digunakan dengan presentase penilaian kelayakan materi 82.5% dan kelayakan media 89% yang dikategorikan sangat valid; 2) Uji coba yang dilakukan kepada 30 guru PAUD menunjukkan bahwa buku panduan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam memberikan pendidikan anti narkoba pada anak usia dini dengan presentase 89.5%. Buku panduan kegiatan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini dapat menambah pengetahuan dan informasi guru PAUD dalam menyampaikan informasi dan pembelajaran anti narkoba pada anak didik melalui kegiatan yang terstruktur dan terkonsep sehingga generasi muda Indonesia kedepannya terhindar oleh dampak buruk penyalahgunaan narkoba.
Kata Kunci: pendidikan narkoba, buku panduan, anak usia dini
This study aims to produce a product in the form of a drug education learning activities guide book for children aged 5-6 years for early childhood education teachers who are eligible to assist teachers in planning, as a guide and reference in teaching drug education to children aged 5-6 years. This research is a Research and Development (RnD) research. This study use ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). The subjects of this study were 30 early childhood education teachers in Surabaya. This study uses structured interviews and questionnaires as a data collection method. The results of the analysis that have been done show that 1) The results of the study indicate that the guide book is feasible to use with the percentage of material feasibility assessment 82.5% and 89% media feasibility which is categorized as very valid; 2) A trial conducted on 30 early childhood education teachers showed that the guide book was very valid and suitable for use in providing drug education to early childhood with a percentage of 89.5%. Drug education learning activities guidebook fir children aged 5-6 years can increase the knowledge and information of early childhood education teachers in conveying information and drug education learning activities to students through structured and conceptual activities so that Indonesia's young generation in the future will be spared by the adverse effects of drug abuse.
Keywords: drug education, guide book, early childhood