PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI LETS IMAGINE UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
PADA SISWA KELAS VIII MTs AL KHOIRIYAH 2 DALEGAN GRESIK
THE DEVELOPMENT OF LETS IMAGINE APPLICATION MEDIA IN WRITING POETRY LEARNING FOR VIII GRADER STUDENTS OF MTs AL KHOIRIYAH 2 DALEGAN GRESIK
Bahasa Indonesia merupakan satu di antara mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia mengedepankan materi-materi yang berbasis teks, salah satunya ialah teks puisi di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan media pembelajaran untuk pembelajaran menulis puisi. Media pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran di kelas. Adanya sebuah media dalam proses belajar di kelas menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa dalam menguasai materi. Sebuah pembelajaran dikatakan berhasil jika tujuan pembelajaran di kelas dapat tercapai serta adanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media aplikasi Let's Imagine dan kualitas media aplikasi Let's Imagine yang terdiri dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan untuk pembelajaran menulis puisi. Penelitian pengembangan ini menerapkan rancangan pengembangan yang dikembangkan oleh Sadiman dkk, yang meliputi analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan instruksional, merumuskan butir-butir materi, menyusun alat pengukur keberhasilan, menulis naskah media, uji coba, revisi serta naskah siap produksi.
Hasil penelitian pengembangan media aplikasi Let's Imagine ini terdiri atas tiga aspek yakni kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Aspek pertama adalah kevalidan media aplikasi Let's Imagine ditinjau dari penilaian dua validator ahli yang menunjukkan bahwa pengembangan media aplikasi Let's Imagine ini valid. Secara keseluruhan hasil validasi memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 97% tergolong "sangat layak". Aspek yang kedua adalah keefektifan media aplikasi Let's Imagine ditinjau dari hasil observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan hasil tes siswa. Hasil tes siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media aplikasi Let's Imagine memperoleh nilai rata-rata 89. Secara keseluruhan hasil tes siswa, observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 92,3% dengan kualifikasi "sangat efektif". Selanjutnya adalah aspek ketiga yakni kepraktisan media aplikasi Let's Imagine ditinjau dari hasil lembar respons siswa. Hasil respons siswa menunjukkan nilai rata dengan persentase 87,4%. Dengan demikian, media aplikasi Let's Imagine tergolong ke dalam kualifikasi "sangat praktis" sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi di kelas.
Indonesian language is one of the compulsory subjects in the 2013 curriculum. Indonesian Language Learning puts forward text-based materials, one of them is poetry text in 8th Grader of Junior High School. This is a research that develops instructional media for writing poetry learning. Instructional media play an important role in classroom learning. The existence of a media makes the learning process in the classroom become more interesting and it makes the students become easier to master the material. A learning process is successful if the learning objectives in the class are achieved as well as an increase in learning outcomes obtained by students.
The purpose of this research is to describe the process of Lets Imagine application media development and its quality which consists of validity, effectiveness, and practicality for writing poetry learning. This development research applies a development plan that is developed by Sadiman et al, which includes the analysis of students' needs and their characteristics, formulating instructional goals, formulating material points, compiling a measuring instrument for achievement, writing media scripts, trials, revisions and ready-to-produce texts.