Persepsi adalah tanggapan secara langsung dari sesuatu atau proses mengetahui beberapa hal mengenai lima panca indera manusia. Atau dengan kata lain diartikan sebagai sebagai penafsiran stimulus yang terdapat di dalam otak manusia. Dalam penelitian ini membahas persepsi guru dan siswa terhadap kurikulum 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan persepsi guru sejarah terhadap implementasi Kurikulum 2013, (2) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas X IPS 2 dan XII IPS 2 SMA Negeri Jogoroto. Pengumpulan data dilakuka melalui wawancara dan angket. Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif interaktif.
Hasil penelitian ini adalah (1) Guru telah bisa menjalankan kurikulum 2013. Guru dibekali dengan sosialisasi dan pelatihan mengenai kurikulum 2013, dan guru telah menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan Scientific Approach. Walaupun guru belum menguasai semua model pembelajaran pendekatan Scientific Approach. Evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh guu juga seperti yang telah tercantum dalam Kurikulum 2013. (2) Siswa melakukan persiapan sebelum pembelajaran dan siswa mempu mengikuti pendekatan pembelajaran Scientific Approach yang diterapkan oleh guru. Media dan bahan ajar telah berbasis IT dimana peserta siswa hanya berpedoman pada buku sebagai bahan bacaan, melainkan siswa juga telah memanfaatkan internet untuk mencari materi tambahan yang belum tercantum dalam bahan ajar yang disediakan oleh sekolah.
Kata kunci : Persepsi guru, persepsi siswa, kurikulum 2013
Perception is a direct response from something or process of knowing a few things about the five human senses. Or in other words interpreted as a stimulus interpretation contained in the human brain. In this study discusses the perceptions of teachers and students to the curriculum in 2013.
This study aims to: (1) Describe the history teacher's perception of the implementation of Curriculum 2013, (2) Describe the students' perception of the implementation of Curriculum 2013. The research is a qualitative research. The sample in this study was a history teacher and the students of class X and XII IPS 2 IPS SMAN 2 Jogoroto. Dilakuka data collection through interviews and questionnaires. Technical analysis of descriptive data were interactive.
The results of this study were (1) Teachers have been able to run the curriculum of 2013. Teacher equipped with socialization and training on the curriculum in 2013, and teachers have been using model approach Scientific Approach. Although the teacher has not mastered all the learning model approach Scientific Approach. Evaluation of learning used by Guu as well as had been stated in the Curriculum, 2013. (2) The students make preparations before the learning and student learning mempu Scientific Approach to follow the approach adopted by the teacher. Media and IT-based teaching materials which the participants have students just based on the book as reading material, but students have also used the Internet to find additional materials that have not been listed in the materials provided by the school.
Keywords : Teachers' Perceptions, Perceptions Of Students,
Curriculum 2013