Seiring dengan berkembangnya teknologi,
proses belajar mengajar juga memerlukan perkembangan terhadap media
pembelajaran yang digunakan. Selain itu pada kurikulum merdeka diharuskan bagi
tenaga pendidik untuk lebih berinovasi dalam proses belajar mengajar sehingga
siswa dapat mendapatkan nilai hasil yang maksimal.
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini berupa metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian one shot case study. Subyek penelitiannya
adalah 28 siswa dari kelas XI Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Negeri 3
Probolinggo. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan validasi
melalui lembar penilaian kelayakan media pembelajaran, observasi dengan lembar
observasi keterlaksanaan penerapan media video, tes hasil belajar secara
psikomotorik melalui tes kinerja, dan respon siswa dengan mengisi lembar
angket.
Hasil penelitian tentang
penilaian kelayakan video mendapatkan nilai sebesar 3,56 (sangat baik),
penerapan media pembelajaran video tutorial mendapatkan nilai rata – rata
sebesar 3,8 (Sangat Baik), penilaian hasil belajar siswa Psikomotor
mendapatkan nilai lebih dari KKM yaitu 87 (Baik), berdasarkan nilai uji
normalitas uji t one sample di
peroleh hasil t hitung = 22.878 dan diperoleh t table yang
dilihat dari table distribusi t satu pihak dengan (0,05/1 :27) dan taraf
signifikan 0,05 dan di peroleh t table = 1,703 sehingga dapat disimpulkan bahwa
t hitung > t table, maka H0 ditolak dan Ha diterima. serta respon siswa pada
beberapa aspek mendapatkan nilai rata rata sebesar 98,9% (Sangat Baik).
Sehingga dapat disimpulkan media
pembelajaran melalui video tutorial merupakan media pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan hasil kemampuan psikomotor siswa.
Kata Kunci
: Penerapan Media Video Tutorial, Rias Wajah Fotografi