ABSTRAK
Liez Fitri Machfudzoh. 2020. Pengaruh Media Kotak Ekspresi Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Dan Rasa Percaya Diri Pada Anak Kelompok B Di Tk Ar Rasyid Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pemibimbing: (1) Dr. Budi Purwoko, M.Pd., dan (2) Dr. H. M. Turhan Yani, M.A
Kata Kunci: kotak ekspresi, mengungkapkan bahasa, rasa percaya diri
Penenilitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh media kotak ekspresi terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak kelompok B di TK Ar Rasyid Sidoarjo; (2) Untuk mengetahui pengaruh media kotak ekspresi terhadap kemampuan rasa percaya diri pada anak kelompok B di TK Ar Rasyid Sidoarjo. Penelitian ini selain berdasarkan permasalahan yang terjadi pada anak kelompok B di TK Ar Rasyid Sidoarjo, juga didasarkan pada inovasi dalam pembelajaran yang di lakukan di Taman Kanak-kanak.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Posttest yang berfungsi untuk mengetahui adanya pengaruh media kotak ekspresi terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa dan rasa percaya diri pada ana TK B. Penelitian ini menggunakan dua kelas, pertama kelas kontrol dan yang kedua kelas eksperimen yang penelitiannya menggunakan desain Quasi Eksperimental. Data penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel dengan taraf nyata 5% sehingga 9,2 > 0,5 dengan perbedaan rata rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata rata kelas eksperimen sebesar 8,60 dan rata rata kelas kontrol sebesar 6,87.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) media kotak ekspresi berpengaruh terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa (2) media kotak ekspresi berpengaruh terhadap kemampuan rasa percya diri pada anak TK B di TK Ar Rasyid Sidoarjo.
ABSTRACT
Liez Fitri Machfudzoh. The Effect of Expression Box Media on The Ability to Express Language and Self-Confidence in Group B Children in Ar Rasyid Kindergarten Sidoarjo. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate Program at Surabaya State University. Supervisor: (1) Dr. Budi Purwoko, M.Pd., dan (2) Dr. H. M. Turhan Yani, M.A
Keywords: expression box, express language, self confidence
This research aims: (1) To find out the effect of the expression box media on the ability to express language in group B children in Ar Rasyid Sidoarjo Kindergarten; (2) To determine the effect of the expression box media on the ability of self-confidence in group B children in Ar Rasyid Sidoarjo Kindergarten. This research is based not only on the problems that occur in group B children in Ar Rasyid Sidoarjo Kindergarten, it is also based on innovations in learning done in kindergartens.
This research was conducted with a quantitative approach with an experimental method. The techniques and data collection used are Pretest and Posttest which function to find out the influence of expression box media on the ability to express language and self-confidence in kindergarten B. This study uses two classes, first the control class and the second the experimental class whose research uses the design Quasi Experimental. The research data shows the results obtained tcount> ttable with a real level of 5% so that 9.2> 0.5 with the average difference in the experimental class and the control class. The average experimental class was 8.60 and the average control class was 6.87.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that (1) the expression box media influences the ability to express language (2) the expression box media influences the ability of self-confidence in kindergarten B children in Ar Rasyid Sidoarjo.