ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NIAT PERILAKU PENGGUNA APLIKASI APPSHEET MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 2 DAN EUCS
ANALYSIS OF USER SATISFACTION TOWARDS USER BEHAVIOR INTENTION IN APPSHEET APPLICATION USING UTAUT 2 AND EUCS MODEL
Perkembangan teknologi informasi yang bertumbuh secara pesat dan canggih mempengaruhi perusahaan dalam mempertahankan bisnisnya. Saat ini, ada berbagai macam sistem yang dapat dijumpai dan digunakan oleh perusahaan. Salah satunya aplikasi appsheet pada Perusahaan XYZ yang dapat digunakan untuk serangkaian kasus penggunaan bisnis yang luas seperti manajemen aset. Namun aplikasi appsheet tersebut ternyata juga mengalami hambatan dan kendala seperti ketidaksesuai sistem dengan keadaan diperusahaan cabang, administrasi cabang yang menganggap sistem kurang fleksibel dan sulit dimengerti, kurangnya integrasi antar divisi yang menciptakan data tidak berubah secara realtime, ataupun report yang dihasilkan belum akurat. Sehingga berdasarkan permasalahan yang muncul diperlukan evaluasi faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi appsheet. Model yang digunakna dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) dan model End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari 15 hipotesis dan 13 variabel yaitu accuracy, behavioral intention, content, easy of use, effort expectancy, facilitating condition, format, habit, perceived value, performance expectancy, social influence, timeliness, user satisfaction dan use behavior. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif melalui survei menggunakan kuisioner dalam bentuk google form, dengan analisa data menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini dapat mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi appsheet dan faktor-faktor apa saja yang dapat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi appsheet berdasarkan hipotesis pertanyaan yang sudah ditentukan dan juga sebagai saran pengembangan sistem selanjutnya. Setelah diketahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam kepuasan pengguna terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi appsheet, penelitian ini dapat diolah menjadi sebuah rekomendasi untuk aplikasi appsheet ke depannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap niat perilaku penggunaan aplikasi appsheet secara keseluruhan berada pada tingkat puas dengan nilai 3.9 menggunakan teori skala likert balance scorecard. Dengan hasil ini diharapkan aplikasi appsheet dapat mempertahankan atau meningkatkan kembali terkait kepuasan pengguna terhadap niat perilaku penggunanya. Beberapa variabel yang dapat ditingkatkan kembali agar berpengaruh signifikan seperti accuracy, facilitating condition, format, habit, perceived value, performance expectancy, social influence, dan timeliness. Namun beberapa variabel yang dapat ditingkatkan kembali akan tetapi tidak berpengaruh signifikan seperti ix behavioral intention, content, easy of use, effort expectancy, facilitating condition, habit dan user satisfaction.
Kata Kunci: Pengukuran kepuasan, aplikasi appsheet, UTAUT2, EUCS
The rapid and advanced growth of information technology has a significant impact on companies in maintaining their businesses. Currently, various systems are available and used by companies, including the AppsSheet application in XYZ Company, which can be used for various business use cases such as asset management. However, the AppsSheet application also faces obstacles and challenges, such as system incompatibility with branch-specific conditions, branch administration finding the system less flexible and challenging to understand, lack of real-time data integration between divisions, and inaccurate generated reports. Therefore, based on these emerging issues, an evaluation of factors influencing user satisfaction regarding the intention to use the AppsSheet application is required.The models used in this research are the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) and the End User Computing Satisfaction (EUCS) model, consisting of 15 hypotheses and 13 variables: accuracy, behavioral intention, content, ease of use, effort expectancy, facilitating condition, format, habit, perceived value, performance expectancy, social influence, timeliness, user satisfaction, and use behavior. This study adopts a quantitative approach through a survey using Google Forms questionnaires, with data analysis conducted using SmartPLS 3.0. The results of this research aim to determine the level of user satisfaction with the AppsSheet application and identify significant factors affecting user satisfaction regarding the intention to use the AppsSheet application based on predefined research hypotheses. Additionally, the findings will serve as recommendations for the future development of the AppsSheet application. The research results indicate that overall user satisfaction with the intention to use the AppsSheet application is at a satisfactory level, with a score of 3.9 on the Likert scale. With these results, it is expected that the AppsSheet application can maintain or further enhance user satisfaction with their usage intentions. Some variables that can be improved to have a significant impact include accuracy, facilitating conditions, format, habit, perceived value, performance expectancy, social influence, and timeliness. However, some variables that can be improved but do not have a significant impact include behavioral intention, content, ease of use, effort expectancy, facilitating condition, habit, and user satisfaction.
Keywords: Satisfaction measurement, AppsSheet application, UTAUT2, EUCS.