Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya LKS khusus yang digunakan pada proses pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban. Karena dalam kegiatan belajar dikelas masih mengandalkan buku siswa saja sebagai pedoman dalam belajar. Padahal dengan itu maka siswa akan kurang leluasa dalam mendapatkan pemantapan materi dan siswa juga menjadi terbatasi untuk mengembangkan wawasannya terlebih pada materi hak dan kewajiban yang menyangkut persoalan pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menyebabkan peneliti untuk mengembangkan sebuah LKS yang didalamnya terdapat latihan khusus untuk mengembangkan wawasan siswa dengan siswa yang terlibat secara langsung didalamnya jadi siswa tidak hanya mengerjakan latihan soal yang ada di buku siswa saja, melainkan siswa bisa mengasah kamampuannya berdasarkan pengalaman yang dimiliki. LKS yang akan dikembangkan oleh peneliti adalah LKS berbasis TERKOTIF (Teori Kognitif) pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban bagi kelas III Sekolah Dasar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui kelayakan LKS berbasis TERKOTIF. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi.
Data dikumpulkan oleh peneliti dengan menggunakan lembar validasi ahli dan lembar angket. Berdasarkan instrumen pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian dari validator ahli materi dengan persentase nilai sebesar 92% yang dengan itu maka menunjukkan bahwa LKS berbasis TERKOTIF sangat valid. Sedangkan berdasarkan pada kegiatan ujicoba diperoleh hasil persentase sebesar 94% dari angket pengamat dan didapatkan hasil persentase 97% dari angket pengguna siswa yang dari hasil tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Jadi dengan demikian LKS berbasis TERKOTIF yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, LKS TERKOTIF, Hak dan Kewajiban
The background of this research because the absence of specific LKS that are used in the learning process of PPKn on rights and obligations. Because in the classroom learning activities still rely on student books alone as a guide in learning. Whereas with that the students will be less flexible in getting the stabilization of the material and students will also be limited to develop insight, especially on the material rights and obligations relating to problems in daily life. This causes the researcher to develop a worksheet in which there is a special exercise to develop students insights with students directly involved in it so students do not only do the exercises in student books, but students can hone their abilities based on their experience. The LKS that will be developed by researchers are LKS based TERKOTIF (Cognitive Theory) on learning PPKn material rights and obligations class for third grade students of Elementary School.
The purpose of this study is to understand the development process and determine the feasibility of LKS based TERKOTIF. This study is research and development (R&D) by using ADDIE model that consist of 5 stages, they were are: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Data was collected by using validation sheet from the experts and questionnaire. According to data collection obtained from this study the results of the study were obtained from the material expert validator with a percentage value of 92% which thus showed that the LKS based on TERKOTIF was very valid. Whereas based on the trial activities the percentage results obtained was 94% from the observer questionnaire and the results obtained were a percentage of 97% of the student user questionnaires which from the results showed very valid criteria. So thus the LKS based on TERKOTIF that has been developed can be declared valid and feasible for use in the learning process.
Keywords: Development, LKS TERKOTIF, Rights and obligations