STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE AUTOCAD
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran dengan software AutoCad; (2) respon terhadap media pembelajaran dengan software AutoCad; (3) hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software AutoCad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan media, respon, dan hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software AutoCad. Penelitian terdahulu yang sudah terkumpul selanjutnya dikompilasi, dianalisis,dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai pengembangan media pembelajaran dengan software AutoCad. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat diambil bahwa dari hasil analisis diatas (1) media pembelajaran dengan software AutoCad dikatakan layak karena memenuhi aspek-aspek kevalidan media dengan software AutoCad yaitu tujuan relevan dengan deskripsi kompetensi dasar, kebenaran simulasi konsep, komunikatif, jelas, menarik, mudah dipahami, desain warna selaras, dan kemudahan navigasi media dengan persentase rata-rata penilaian validasi ≥ 61%-100% dengan kualitatif baik hingga sangat baik, (2) respon terhadap media pembelajaran dengan software AutoCad dikatakan baik karena responden menunjukkan ketertarikan terhadap media pada aspek kejelasan gambar, warna, kelengkapan materi, dan navigasi media dengan persentase rata-rata penilaian hasil respon ≥ 61%-100% dengan kualitatif baik hingga sangat baik, serta (3) media pembelajaran dengan software AutoCad yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah media pembelajaran dengan software AutoCad yang telah memenuhi aspek kelayakan media serta hasil uji penerapan media menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software AutoCad.
Kata Kunci: Software, AutoCad, Media Pembelajaran.
Abstract
The purpose of this study was to determine (1) the feasibility of learning media with AutoCAd Software; (2) response to learning media with AutoCad software; (3) learning outcomes after applying learning media with AutoCad software. This research uses the literature study research method. Data collection techniques by collecting some previous research to answer the feasibility of the media, respons, and learning outcomes after applying learning media with AutoCad software. Previous research that has been collected is then compiled, analyzed, and concluded so as to get conclusions regarding the development of instructional media with AutoCad Software. The conclusion that can be drawn from the results of the data analysis above (1) learning media with AutoCad software is said to be feasible because it fulfills aspects of the validity of the media with AutoCad Software namely the objectives are relevant to the description of basic competencies, truth simulations concepts, commuticative, clear, interesting, easy to understand, color design aligned, and easy navigation of the media with the average percentage of validation assessment ≥ 61%-100% with qualitative good to very good, (2) the response to learning media with AutoCad software is said to be good because respondents show an interest in the media in aspects of image clarity, color, completeness of material, and media navigation with an average percentage of assessment of response results ≥ 61%-100% with qualitative good to very good, and (3) lerning media with AutoCad software that can improve learning outcomes is learning media with AutoCad software that has met the aspects of media feasibility and test results the application of media show an increase in learning outcomes after applying learning media with AutoCad software.
Keywords: Software, AutoCad, Learning Media.