PROFIL LITERASI STATISTIK SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH STATISTIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
STATISTICAL LITERACY PROFILE OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING STATISTICS PROBLEMS BASED ON MATHEMATICS ABILITIES
Menjadi seseorang yang berliterasi statistik sangat penting untuk setiap individu agar dapat menginterpretasikan pesan statistik dalam berbagai konteks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil literasi statistik siswa SMA dalam menyelesaikan masalah statistika berdasarkan kemampuan matematika. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian yaitu satu siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi dan satu siswa dengan kategori kemampuan matematika sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memahami data, menginterpretasi data, dan mengevaluasi data dengan baik. Siswa berkemampuan matematika tinggi mengkomunikasikan data dengan menyajikan data dalam bentuk diagram atau grafik, tetapi tanpa mempertimbangkan karakteristik data dalam penyajiannya; (2) sedangkan pada siswa berkemampuan matematika sedang mampu memahami data dengan baik. Hasil interpretasi data siswa berkemampuan matematika sedang mengalami kesalahan dalam hal menentukan nilai mean dan penyebaran data, serta mengkomunikasikan data dengan menyajikan data dalam bentuk diagram atau grafik mengalami miskonsepsi terkait penyajian diagram batang dan histogram.
Kata Kunci: Profil, Literasi, Literasi Statistik.
Being someone literate by statistics is very important for each individual to be able to interpret statistical messages in various contexts. This research is a descriptive-qualitative study to describe the statistical literacy profile of high school students in solving statistical problems based on mathematical ability. The data collection method uses written tests and interviews. The research subjects were one student with a high mathematical ability category and one student with a moderate mathematical ability category. The results showed that: (1) students with high mathematical abilities can understand data, interpret data, and evaluate data well. Students with a high mathematical ability to communicate data by presenting data in the form of diagrams or graphs, but without considering the characteristics of the data in the presentation; (2) while students with moderate mathematical ability can understand data well. The results of data interpretation of moderate mathematical students' ability experience errors in terms of determining averages and data distribution and communicating data by presenting data in the form of diagrams or graphs that experience misconceptions related to the presentation of bar charts and histograms.
Keywords: Profile, Literacy, Statistical Literacy.