Latar belakang penelitian ini karena rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Hal tersebut terjadi akibat sekolah dan orang tua yang lebih fokus terhadap nilai akademik daripada non akademik.Tujuan dari penelitian ini yakni peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan dalam meningkatkan kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni penelitian dengan menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, studi dokumentasi.Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dalam meningkatkan disiplin ialah melaksanakan lima ajaran dalam pencak silat PSHT dan mematuhi tata tertib yang berlaku. Lima ajaran tersebut meliputi : Persaudaraan, Olahraga, Kesenian, Bela diri, Kerokhanian. Dan pengaplikasiannya melalui rangkaian proses kegiatan dari awal hingga akhir. Diluar rangkaian kegiatan itu dalam pencak silat ada yang namanya kerokhanian, yang mana kerokhanian ini merupakan nasihat-nasihat yang juga berpedoman dalam ajaran pencak silat PSHT dan hal itu bisa dilakukan setiap akan latihan maupun setelah latihan. Sehingga siswa tidak hanya dikasih pendidikan berupa fisik namun juga rohani, yang mana langsung menyentuh ke jiwa rohani siswa. Dampak atau manfaat yang ditimbulkan dari adanya kegiatan ekstrakurikuler pencak silat PSHT di SDN 2 Kedamean serta perbedaan tingkat kedisiplinan mereka, dampak tersebut ialah pertama bagi sekolah, ekstrakurikuler ini merupakan satu satunya ekstrakurikuler pencak silat SD sekecamatan Kedamean, sarana atau wadah untuk menambah prestasi sekolah. Kalau dampak dari siswa sendiri antara lain yakni siswa lebih semangat khususnya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat, serta perubahan pada perilaku kedisiplinannya.
Kata Kunci: pencak silat, disiplin, ekstrakurikuler
The background of this research because the low level of discipline of students in elementary school. This happens due to schools and parents who are more focused on academic values than non-academic. The purpose of this study is that the researcher wants to know how the implementation in improving discipline through PSHT martial arts extracurricular activities for elementary school students. This study uses qualitative methods which is a research using a naturalistic approach to look for and find description and understanding of phenomena in a particular context.The data collection techniques uses the method of observation, interviews and documentation studies. While the instruments used were interview guides, observation sheets, documentation studies. After the data is collected, data analysis techniques will be carried out.The results of the study indicate that the implementation of improving discipline is to implement the five teachings in PSHT martial arts and comply with the prevailing rules and regulations. The five teachings include: Brotherhood, Sports, Arts, Self-Defense, Spirituality. And its application through a series of activity processes from the beginning to the end. Apart from the series of activities in pencak silat, there is the name kerokhanian, which is kerokhanian advice that is also guided by the teachings of PSHT martial arts and it can be done every time you practice or after practice. So that students are not only given education in the form of physical but also spiritual, which directly touches the spiritual soul of students. The impact or benefits arising from the existence of PSHT martial arts extracurricular activities at SDN 2 Kedamean as well as their differing levels of discipline, the impact is first for schools, this extracurricular is the only martial arts extracurricular of elementary school in Kedamean, facilities or containers to increase school achievement. The results of students who take part in martials art is that they are more enthusiastic as well as changes in their discipline behavior.
Keywords: martial arts, discipline, extracurricular