KONSTRUKSI KONJEKTUR SISWA SMP TOPIK PERBANDINGAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG
STUDENTS’ CONSTRUCTION OF CONJECTURES FOR THE SOLUTION OF CIRCUMFERENCE AND AREA OF RECTANGLE TASK
Konstruksi konjektur memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Pada beberapa topik, konstruksi konjektur siswa masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan konstruksi konjektur siswa SMP pada topik perbandingan keliling dan luas persegi panjang. Subjek penelitian adalah tiga siswa SMP negeri yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes konstruksi konjektur dan wawancara, lalu dianalisis menggunakan indikator konstruksi konjektur, yaitu (1) identifikasi dan eksplorasi masalah, (2) merumuskan konjektur, (3) menguji dan menyempurnakan konjektur, dan (4) membuktikan konjektur. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap identifikasi dan eksplorasi masalah, siswa menentukan apa yang ditanyakan pada soal; menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menjawab soal; memunculkan contoh-contoh lain; menemukan pola perbandingan keliling dan luas persegi panjang sebelum dan sesudah diperbesar. Pada tahap merumuskan konjektur, satu siswa merumuskan dengan memerhatikan pola sedangkan dua siswa perlu bantuan untuk merumuskannya. Siswa menguji konjektur menggunakan nilai panjang, lebar, dan perbesaran yang lain. Tidak ada siswa yang menyempurnakan konjektur karena merasa sudah benar. Siswa membuktikan konjektur dengan bantuan. Satu siswa berpikir bahwa menguji konjektur sudah sama dengan melakukan pembuktian.
Kata Kunci: konstruksi konjektur, perbandingan, persegi panjang.
Conjecture construction has an important role in learning mathematics. In some topics, students’ conjecture construction is still lacking. This research is qualitative research with the aim of describing the students’ conjecture construction of the perimeter and area of a rectangle. The research subjects were three state junior high school students who were selected using purposive sampling technique. The instruments used are conjecture construction tests and interviews, then analyzed using conjecture construction indicators, namely (1) identification and exploration problems, (2) formulating conjectures, (3) testing and perfecting conjectures, and (4) proving conjectures. The results showed at identification and exploration problem, students determined what was asked in the question; determine the information needed to answer the questions; bring up other examples; find the comparison pattern of the perimeter and area of a rectangle before and after it is enlarged. At formulating a conjecture, one student formulates it by paying attention to the pattern while two students need help to formulate it. Students test the conjecture using other values for length, width, and magnification. None of the students perfected the conjecture. Students prove conjectures with help. One student thought that testing conjecture was the same as doing a proof.
Keywords : conjecture construction, proportion, rectangle.