TEKNIK GRID UNTUK MEMPERMUDAH MENGGAMBAR PERSPEKTIF PADA SISWA SMKN 5 SURABAYA
GRID TECHNIQUE TO MAKE PERSPECTIVE DRAWING EASIER FOR STUDENTS AT SMKN 5 SURABAYA
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan formal yang memiliki program untuk mempersiapkan siswa dalam bidang keahlian yang diperlukan dalam dunia industri sehingga siswa mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMK sesuai dengan minat atau bidang keahliannya. Salah satu SMK di Kota Surabaya adalah SMK Negeri 5 Surabaya yang memiliki dasar bidang keahlian teknik, pembangunan, dan rekayasa. SMK Negeri 5 Surabaya memiliki salah satu kompetensi keahlian yaitu jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi (KGS). Secara spesifik, jurusan KGS menjadi program keterampilan yang dirancang untuk menghasilkan lulusan SMK yang mampu merancang hingga menghasilkan suatu produk yaitu bangunan. Melihat kondisi proses pembelajaran Seni Budaya di kelas X jurusan KGS di SMK Negeri 5 Surabaya, ditemukan beberapa fenomena bahwa adanya siswa-siswi yang masih kesulitan menggambar perspektif dan belum mengetahui apa cara instan untuk mempermudah menggambar tampak bangunan selain dengan teknik perspektif dua titik lenyap. Meskipun telah menggunakan media dan metode yang diterapkan, tetapi siswa masih kesusahan untuk memahami xi konsepnya membayangkan setiap dimensi dari bentuk pada gambar perspektif. Selain itu, siswa mengalami kesusahan lain yaitu saat menarik garis, hasilnya tidak lurus dan tidak tepat dengan titik lenyapnya, bahkan beberapa dari mereka belum ada yang belum bisa mengukur dengan penggaris. Berdasarkan permasalahan tersebut terdapat ketidakseimbangan hasil belajar menggambar siswa yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam memindahkan bentuk objek di atas kertas gambar serta siswa kurang memperhatikan sudut pandang gambar. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan beberapa tujuan diantaranya : mengetahui dan mendeskripsikan konsep teknik grid untuk mempermudah menggambar perspektif pada siswa kelas X jurusan Konstruksi Gedung dan Sanitasi SMKN 5 Surabaya, menerapkan teknik grid untuk mempermudah menggambar perspektif pada siswa kelas X jurusan Konstruksi Gedung dan Sanitasi SMKN 5 Surabaya serta, mengetahui dan mendeskripsikan manfaat teknik grid untuk mempermudah menggambar perspektif pada siswa kelas X jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi SMKN 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bergerak pada pendekatan deskriptif. Deskriptif kualitatif adalah terminologi yang dipakai dalam penelitian kualitatif. Pada penelitian deskriptif kualitatif, dipusatkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang terpaut dengan pertanyaan apa, siapa, dimana, dan bagaimana sebuah fenomena terjadi sehingga menemukan ragam kajian pada fenomena tersebut (Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C., 2016). Dalam penelitian ini, subjek penelitian diterapkan pada siswa kelas X KGS 3 di SMK Negeri 5 Surabaya. Terdapat 35 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini yaitu proses menggambar bangunan dengan menggunakan teknik grid. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Surabaya yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 167-169, Kel. Mojo, Kec. xii Gubeng, yang berada di bagian timur kota Surabaya. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022- 2023. Peneletian ini dilakukan selama empat minggu. Untuk memperoleh data yang tepat, peneliti menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, maupun gabungan dari ketiganya. Hasil kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan selama 3 minggu dengan 3 kali pertemuan dan menghasilkan karya-karya dari siswa dengan tingkat kemiripan, kecepatan menggambar, hingga kebersihan dalam proses pengerjaan yang baik. Melalui hasil wawancara dengan Bapak Dimas Narista Faishal selaku guru pengampu seni budaya, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran teknik grid untuk mempermudah menggambar perspektif sudah cukup baik, karena siswa dilatih untuk mengasah daya konsentrasi dalam menggambar bangunan auditorium dengan hasil yang mirip dengan objek aslinya. Selain itu, siswa juga menganggap bahwa kegiatan pembelajaran menggambar perspektif dengan menggunakan teknik grid menjadi pengalaman baru bagi siswa X KGS 3 yang dapat menambah wawasan dan ketertarikan mereka terhadap seni rupa. Kata Kunci: Pembelajaran, Teknik Grid, Menggambar perspektif.
Vocational High School (SMK) is a formal education level that has a program to prepare students in areas of expertise that will later be needed in the industrial world so that students get jobs after graduating from vocational school according to their interests or areas of expertise. One of the vocational schools in the city of Surabaya is SMK Negeri 5 Surabaya which has a basic field of engineering, construction and engineering expertise. SMK Negeri 5 Surabaya has one of the skill competencies, namely the Department of Sanitation Building Construction (KGS). Specifically, the KGS major is a skills program designed to produce vocational school graduates who are able to design and produce a product, namely buildings. Looking at the conditions of the Arts and Culture learning process in class Even though they have used the media and methods applied, students still have difficulty understanding the concept of imagining each dimension of the shape in a perspective drawing. Apart from that, students experienced other difficulties, namely when drawing a line, the results were not straight and not exactly at the vanishing point, and some of them were even unable to measure with a ruler. Based on these problems, there is an imbalance in students' drawing learning outcomes, namely the lack of students' skills in moving object shapes on drawing paper and students' lack of attention to the angle xiv of view of the drawing. For this reason, this research was carried out with several objectives including: knowing and describing the concept of the grid technique to make it easier to draw perspective for class X students majoring in Building Construction and Sanitation at SMKN 5 Surabaya, applying the grid technique to make it easier to draw perspective for class 5 Surabaya and, knowing and describing the benefits of the grid technique to make perspective drawing easier for class X students majoring in Sanitation Building Construction at SMKN 5 Surabaya. This research uses a type of qualitative research that uses a descriptive approach. Qualitative descriptive is the terminology used in qualitative research. In qualitative descriptive research, the focus is on answering research questions related to what, who, where, and how a phenomenon occurs so as to find a variety of studies on that phenomenon (Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C., 2016). In this research, the research subjects were applied to class X KGS 3 students at SMK Negeri 5 Surabaya. There are 35 students with 20 male students and 15 female students. The object of this research is the process of drawing buildings using the grid technique. This research was carried out at SMK Negeri 5 Surabaya which is located at Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 167-169, Ex. Mojo, District. Gubeng, which is in the eastern part of the city of Surabaya. The research was carried out in the even semester of the 2022- 2023 academic year. This research was carried out for four weeks. To obtain accurate data, researchers use observation, interviews, and documentation, or a combination of the three. The results of these learning activities were carried out for 3 weeks with 3 meetings and produced works from students with a good level of similarity, speed of drawing, and cleanliness in the work process. Through the results of an interview with Mr. Dimas Narista Faishal as an arts and culture teacher, it can be concluded that the grid technique learning activity to make perspective drawing easier is quite good, because students are trained to sharpen their concentration power in drawing auditorium buildings with results that are similar to the original object. Apart from that, students also consider that the activity of learning xv perspective drawing using the grid technique is a new experience for X KGS 3 students which can broaden their insight and interest in fine arts. Keywords: Learning, Grid Technique, Drawing Perspective