Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model pemaknaan pada materi substansi genetika yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan sensitifitas moral dan sikap disiplin. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang direduksi menjadi 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan) tanpa disseminate (penyebaran) dan diujicobakan di kelas XII SMA Negeri 10 Samarinda Kalimantan Timur dengan menggunakan One Group Pre Test and Post Test Design.
Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, pemberian tes, dokumentasi dan penyebaran angket. Tehnik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Temuan hasil penelitian yaitu : 1) Perangkat pembelajaran yang diujikan berkategori valid: 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik dan aktifitas siswa sesuai dengan tahap-tahap pada model pemaknaan; dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari : (a) Ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan , keterampilan, sikap dan sensitifitas moral, dan peningkatan ketuntasan tujuan pembelajaran aspek pengetahuan ditunjukkan dengan keseluruhan siswa berhasil tuntas. Hasil belajar aspek keterampilan dan hasil belajar aspek sikap setelah mengikuti pembelajaran seluruh siswa tuntas. (b) Peningkatan sensitifitas moral dari kategori kurang sensitif menjadi kategori sensitif menunjukkan kategori tinggi.(c) Pengamatan karakter disiplin selama proses pembelajaran pengalami peningkatan dengan kategori baik. (d) Respon siswa terhadap perangkat perangkat dan pelaksanaan pembelajaran baik dan positif.
This research was aimed at producing a valid, practical, and effective teaching material using internalization model on subject Genetic Substantion to practise moral sensitivity anf discipline. The development of the teaching material used 4-D model which was reduced to 3-D, that is ’define, design, and develop, and wased tested on grade XII of SMAN 10 Samarinda using One Group Pretest and Posttest Design. The Data collection consisted of observation, test, documentation, and questionnaire. The data analysis technique used in study was qualitative analysis. From the study it was found that : 1) The developed teaching materials valid; 2) The practicality of teaching material, viewed from realization of the lesson plan with the categorized as good, and the students’ activity is suitable with the steps of the internalization model; and 3) The effectiveness of teaching material viewed from (a) the exhaustiveness of students’ study on aspects of knowledge , skill, attitude dan moral sensitivity: and the increase of learning objective exhaustiveness on the aspect of knowledge show from categorised as high. (b) The increase of moral sensitivity after learning proses show categorised as high and (c)student response toward the teaching material and implementation categorized good dan positif.
The result of the study showed that the teaching material using internalization mpdel on subject matter ’Genetic Subtantion’ is valid, practical and effective to develop moral sensitivity, discipline, and effective in completing students’ learning result on knowledge , skill and attitude aspect.