Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli Produk di Restoran Fast Food
The Influence of Social Media Marketing and Brand Awareness on The Purchase Intention of Fast Food Restaurant Products
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap niat beli produk restoran fast food. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan melalui media sosial, Whatsapp dan Instagram. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji apakah pemasaran media sosial dan kesadaran merek mempengaruhi niat membeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan brand awareness berpengaruh secara posisional terhadap niat beli produk KFC di Surabaya. Pemasaran media sosial dan kesadaran merek juga secara simultan mempengaruhi niat beli produk restoran fast food. Selanjutnya, produk restoran fast food disarankan untuk mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial untuk semua produk dan memperkenalkan produk restoran fast food untuk menumbuhkan brand awareness masyarakat. Pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu strategi pemasaran terbaik di tengah meningkatnya tingkat literasi digital di masyarakat.
This study aims to determine the influence of social media marketing and brand awareness on the purchase intention of fast-food restaurant products. The type of research used is quantitative, using the random sampling method. The number of samples used was 200 respondents. The data collection technique was carried out using an online questionnaire distributed through social media, Whatsapp and Instagram. The data analysis technique is multiple linear regression using SPSS software to test whether social media marketing and brand awareness affect purchase intentions. The results show that social media marketing and brand awareness had a positional effect on the purchase intention of KFC products in Surabaya. Social media marketing and brand awareness also simultaneously affect the purchase intention of fast-food restaurant products. Furthermore, fast food restaurant products are recommended to optimize marketing through social media for all products and introduce fast food restaurant products to grow public brand awareness. Marketing through social media is one of the best marketing strategies amidst the increasing level of digital literacy in society.