Pengaruh Perilaku Malas, Dukungan Sosial Orang Tua dan Keterlibatan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
The Influence of Lazy Behavior, Parental Social Support, and Peer Involvement toward Interest in Continuing Study to Higher Education
ABSTRAK
Irmawati, Ninin. 2022. Pengaruh Perilaku Malas, Dukungan Sosial Orang Tua, dan Keterlibatan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, M. Pd. dan (II) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M. Si., Kons.
Kata-kata Kunci: Pengaruh, Perilaku Malas, Dukungan Sosial Orang Tua, Keterlibatan Teman Sebaya, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
Melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah impian lulusan SMA yang tinggal di perkotaan. Dengan nilai bagus di semester 1-5, mereka dapat lulus SNMPTN dengan program studi yang sesuai dengan minatnya. Namun tidak demikian dengan siswa SMA Negeri 3 Bondowoso, diduga ada sekitar 43% atau 70 dari 163 orang siswa kelas XII yang berminat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Alasan utama siswa tidak melanjutkan karena ekonomi orang tua yang tidak mencukupi untuk membayar uang kuliah, tetapi jika dilihat kondisi yang sebenarnya, masalah ekonomi bukan sebagai penyebab utama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak berminat melanjutkan belajarnya ke perguruan tinggi, diantaranya yaitu perilaku malas, dukungan sosial orang tua dan lingkungan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh a perilaku malas, dukungan sosial orang tua dan keterlibatan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Bondowoso tahun ajaran 2021/2022 untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Peneliti ingin mengetahui variabel yang mana yang paling dominan mempengaruhi minat melanjutkan ke perguruan tinggi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui instrumen angket yang terdiri dari tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Untuk menghitung korelasi ganda analisis yang digunakan adalah analisis product moment dengan analisis one kolmogorof smirnov, sedangkan untuk teknik regresi linier ganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian yang diperoleh secara simultan adalah variabel perilaku malas, dukungan sosial orang tua, keterlibatan teman sebaya berhubungan dengan minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan variabel yang berkontribusi paling besar adalah variabel perilaku malas.
Irmawati, Ninin. 2022. The Influence of Lazy Behavior, Parental Social Support, and Peer Involvement toward Interest in Continuing Study to Higher Education. Thesis, Counseling Guidance Study Program, Postgraduate, Surabaya University. Supervisor: (I) Dr. Najlatun Naqiyah, M. Pd. and (II) Dr. Hadi Warsito Wiryosutomo, M. Si., Kons.
Keywords: The Influence, Lazy Behavior, Parental Social Support, Peer Involvement, Continuing Interests to College
Continuing to college is the dream of high school graduates living in urban areas. With good grades in semesters 1-5, they can pass the SNMPTN with a study program that suits their interests. However, this is not the case with SMA Negeri 3 Bondowoso students, it is estimated that there are about 43% or 70 of the 163 class XII students who are interested in continuing to college. The main reason for students not continuing is because their parents' economy is not sufficient to pay for tuition, but if you look at the actual conditions, economic problems are not the main cause. There are several factors that cause students not to be interested in continuing their studies to college, including lazy behavior, social support from parents and peer environment. The purpose of this study was to determine the influence of lazy behavior, parental social support and peer involvement toward the interest of class XII students at SMA Negeri 3 Bondowoso in the 2021/2022 academic year to continue their education to college. The researcher wants to know which variable is the most dominant influented toward the interest in continuing to college. This study uses a descriptive quantitative approach. Data were collected through a questionnaire instrument consisting of three independent variables and one dependent variable. To calculate multiple correlations, the analysis used is product moment analysis with one Kolmogorof Smirnov analysis, while multiple linear regression is used to analyze the data. The results obtained simultaneously are the variables of lazy behavior, parental social support, peer involvement influented toward interest in continuing to university and the variable that contributes the most is the lazy behavior variable.